Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Sikap Positif yang Patut Diajarkan pada Anak Sejak Dini

Kompas.com - 17/12/2021, 07:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Nur Ithrotul Fadhilah & Ristiana D Putri

SUDAH sepatutnya orang tua terus mengawasi tumbuh kembang anaknya, seperti melihat interaksi anak dengan lingkungan sekitar atau teman sebaya. Selain itu, orang tua juga berperan penting dalam membentuk karakteristik atau sikap anak.

Maka dari itu, perlu penanaman sikap-sikap positif atau sikap baik sejak dini, dimulai dengan memberi pengertian dan mempraktikannya.

Orchidsinternationalschool melaporkan, sikap positif adalah keadaan pikiran yang dapat memengaruhi suasana hati (emosi) seseorang secara positif. Hal tersebut memungkinkan seseorang untuk memandang kehidupan dengan harapan, keyakinan, optimisme, keberanian, tekad, dan kesabaran yang dapat menyebabkan naiknya emosi “positif” seperti kegembiraan dan kebahagiaan.

Baca juga: Hari Dongeng Nasional 28 November, Bagaimana Awal Mulanya?

Pengajaran sikap positif dapat memberikan tiga dampak yang signifikan, yaitu (1) sikap positif dapat berdampak pada perilaku anak di masa depan, (2) dapat membantu mengatasi kesulitan atau stres dengan lebih mudah, dan (3) dapat membantu anak lebih menikmati hidup.

Dengan merujuk pada dampak tersebut, orangtua perlu mengajarkan beberapa sikap positif kepada anak. Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan.

Ajarkan anak menghargai barang orang lain

Melansir dari More4kid, salah satu sikap positif yang patut diterapkan pada anak adalah mengajarkan cara menghargai barang milik orang lain. Cara terbaik untuk mengajarkan rasa hormat terhadap barang milik orang lain adalah dengan memberi contoh kepada anak-anak.

Kita dapat mengajarkan tiga aturan penting agar anak dapat menghargai barang orang lain, yaitu (1) bertanya sebelum meminjam sesuatu; (2) saat meminjam, jaga barang seolah-olah milik sendiri; dan (3) jika barang yang dipinjam rusak: akui, minta maaf, dan ganti atau perbaiki barang tersebut.

Melalui tiga aturan tersebut dorong mereka untuk mempertimbangkan perasaan orang lain. Tanyakan kepada anak-anak bagaimana perasaan mereka jika mainan mereka rusak atau hilang. Cara lain yang dapat dilakukan untuk memberi anak pengalaman adalah mengunjungi perpustakaan secara teratur. Ajari mereka untuk merawat dan mengembalikannya tepat waktu ketika meminjam buku.

Bertanggung jawab

Melansir thehomeschoolmom, tanggung jawab berarti sikap menerima suatu pekerjaan dengan senang hati serta siap menanggung konsekuensinya jika terjadi kesalahan. Ketika anak-anak tumbuh dewasa, mereka sangat penting diberi tanggung jawab untuk tugas-tugas tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.