Kompas.com - 17/12/2021, 13:28 WIB

KOMPAS.com - Ratu Elizabeth menghadapi banyak kesedihan dalam hidupnya beberapa waktu belakangan.

Pimpinan monarki Inggris itu belum lama ditinggalkan oleh suaminya yang sudah menemaninya selama 73 tahun, Pangeran Philip pada April lalu. Tak lama setelahnya, sahabat dekat sekaligus penasihat pribadinya, Sir Michael Oswald juga tutup usia.

Cucu tersayangnya, Pangeran Harry juga secara kontroversial memutuskan untuk melepas status bangsawan dan pindah ke Amerika Serikat. Kepergiannya bersama Meghan Markel itu menuai sejumlah pemberitaan negatif soal konflik internal anggota kerajaan.

Dengan usia memasuki 95 tahun, Ratu Elizabeth memang telah kehilangan banyak orang terdekatnya.

Kepergian Pangeran Philip menjadi salah satu yang paling berpengaruh, karena perannya yang cukup dominan baik secara personal maupun dalam hal kerajaan.

Baca juga: Kesedihan Berlarut Akibat Kematian Orang Terdekat, Apakah Normal?

Saat ini, bisa dibilang Ratu Elizabeth hidup tanpa orang terdekat yang mengenalnya dan menemaminya sejak muda. Namun wanita pecinta anjing ini terlihat tetap tegar dan tak terpengaruh oleh kesedihan tersebut.

Ingrid Seward, penulis biografi kerajaan, mengatakan ratu memiliki kemampuan yang sangat baik untuk memilah antara perannya dalam keluarga dan masyarakat. Ratu disebut sangat cermat memprioritaskan mana urusan yang harus ditangani atau ditunda terlebih dulu.

Demikian pula ketika ia harus menghadapi konflik pribadi akibat kesedihan setelah ditinggal orang tersayang. Ia tak pernah terlihat goyah atau kehilangan kemampuan karena kesedihannya, seperti apapun kehilangan yang dirasakan.

"Dia tidak akan membiarkan hal-hal mempengaruhi dirinya. Dia disiplin secara mental dan itu telah membantunya selama 70 tahun ini," ujar Seward, dikutip dari People.

Menurutnya, Nenek Pangeran William ini memastikan dirinya dapat menangani semua hal dan tidak membiarkan kesedihan membanjiri dirinya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber People
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.