Kompas.com - 21/12/2021, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Di media sosial sedang viral video yang memperlihatkan aksi pencurian paket dari dalam rumah seorang warga.

Dalam video tersebut, terlihat seorang pria berusaha meraih paket dari dalam rumah dengan pagar terkunci dengan menyelipkan semacam tongkat ke sela-sela pagar dan berusaha menggapai paket.

Tentu saja hal ini membuat para pembeli resah dan kesal karena paket yang telah ditunggu-tunggu malah digasak pencuri sebelum sampai ke tangan kita.

Untuk menghindarinya lakukan beberapa langkah pencegahan berikut ini:

Baca juga: Marak Pencurian Gaya Flash Mob di AS, Maling Ramai-ramai Jarah Toko Mewah

Selalu pantau pengiriman

Salah satu cara termudah untuk menghindari pencurian adalah dengan langsung mengambil paket segera setelah sampai. Mayoritas layanan pengiriman memang menawarkan informasi tracking atau pemantauan yang membuat kita dapat melacak proses pengiriman paket hingga tiba.

Bahkan, beberapa layanan pengiriman memiliki “delivery alerts” yang akan mengingatkan kita jika kendaraan kurir telah berada di alamat tujuan.

Jadi, sebisa mungkin tetaplah di rumah saat paket dijadwalkan sampai untuk membatasi waktu paket ditinggalkan di luar rumah. Lalu jika kita terpaksa meninggalkan rumah, mintalah tetangga yang dipercaya untuk mengawasi datangnya paket dan mengambilnya saat tiba.

Baca juga: Solusi untuk Sampah Belanja Online yang Menumpuk

Pilih opsi "signature required" saat melakukan checkout.

Mayoritas kurir memang akan menaruh paket di dekat pintu depan rumah. Namun, jika khawatir, kita bisa memilih opsi “signature required (butuh tanda tangan penerima) saat pengiriman, jika tersedia.

Dengan begitu, paket tak akan dikirmkan kecuali kita bisa menerimanya secara langsung.

Halaman:
Sumber BHG


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.