Kompas.com - 26/12/2021, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Rambut rontok merupakan hal yang umum terjadi saat tubuh mulai menua, namun tetap saja rasanya menyebalkan.

Apalagi, jika kerontokan rambut itu sulit diatasi karena diakibatkan oleh hal yang sulit diubah, seperti faktor genetik, stres, dan pengobatan.

Untungnya, kerontokan rambut bisa ditangani dengan beberapa hal seperti menjaga menu dan pola makan, berolahraga, serta mengonsumsi suplemen.

Baca juga: Pentingnya Perawatan Luar Dalam untuk Atasi Rambut Rontok

Untuk mengetahui makanan apa saja yang perlu dihindari saat menghadapi rambut rontok, Courtney D'Angelo, MS, RD, membagikan sejumlah tipsnya. 

Ia merupakan ahli diet dan gaya hidup di Florida, Amerika Serikat yang juga aktif sebagai penulis.

Menurutnya, makanan terburuk yang memperparah kerontokan rambut adalah beberapa jenis ikan, seperti tuna, swordfish, hiu, atau king mackerel.

Apa penyebabnya?

Penyebab ikan memicu kerontokan rambut

Ikan berlemak seperti tuna adalah salah satu makanan penambah daya ingat karena tinggi kandungan asam lemak omega-3.UNSPLASH/JIRAYU KOONTHOLJINDA Ikan berlemak seperti tuna adalah salah satu makanan penambah daya ingat karena tinggi kandungan asam lemak omega-3.

Ikan memang kaya akan manfaat kesehatan dan sering disarankan untuk dikonsumsi secara rutin.

Misalnya saja, ikan berlemak yang sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, peningkatan kesehatan kognitif. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.