Kompas.com - 02/01/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Di momen libur Natal dan Tahun Baru, kita tentunya dimanjakan dengan berbagai jenis makanan enak dan berkalori yang mungkin dapat meningkatkan berat badan.

Sebuah penelitian dari British Nutrition Foundation pun menunjukkan, dengan kalori ekstra yang dikonsumsi selama Natal dan Tahun Baru dapat meningkatkan berat badan rata-rata sekitar satu kilogram.

Sayangnya, jika kebiasaan makan ini dibiarkan terus-menerus hingga libur Natal dan Tahun Baru usai, hal tersebut bisa memengaruhi kesehatan.

Tapi jangan khawatir, kita tetap bisa makan, minum, dan bersenang-senang tanpa berlebihan.

Baru-baru ini, Lemonilo berbincang dengan ahli gizi, Qonita Rachmah tentang cara mudah mengatur pola hidup agar tetap sehat dan tidak menambah berat badan.

Baca juga: 6 Langkah Mudah Terapkan Mindful Eating untuk Hidup Lebih Baik

Melalui rilisnya, Lemonilo membagikan tips menarik dari Qonita untuk mengatur pola hidup sehat usai libur Natal dan Tahun Baru sebagai berikut.

1. Tetap makan teratur sesuai jadwal

Menurut Qonita, makan teratur sesuai jadwal dapat membantu mencegah kita mengalami over-eating atau makan berlebihan karena perut kosong dalam waktu yang cukup lama.

Ketika akan mendatangi pesta, disarankan juga agar perut kita dalam kondisi tidak terlalu kosong untuk lebih mengontrol asupan makanan.

Satu penelitian menyebutkan bahwa orang yang melewatkan sarapan cenderung mengalami over-eating pada saat makan siang.

Over-eating diartikan sebagai konsumsi makan melebihi 40 persen dari angka kecukupan energi.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.