Kompas.com - 06/01/2022, 18:43 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Salah satu diet yang populer di kalangan penggiat kebugaran, diet keto dinobatkan sebagai diet terburuk pada tahun 2022.

Penetapan ini dibuat berdasarkan peringkat diet tahunan dari US News & World Report.

Setiap tahunnya, US News & World Report mengumpulkan ahli kesehatan dan nutrisi untuk menyusun peringkat diet populer dengan melihat berbagai faktor.

Faktor-faktor tersebut mencakup manfaat diet bagi kesehatan secara keseluruhan, seberapa mudah suatu diet untuk dijalani, serta potensi diet dalam menurunkan berat badan dan mencegah penyakit.

Diet keto merupakan pola makan yang membatasi asupan karbohidrat secara drastis, dan mendorong tubuh untuk memasuki kondisi metabolisme yang disebut "ketosis".

Ketika tubuh memasuki kondisi ketosis, tubuh akan membakar lemak --bukan glukosa dari karbohidrat-- untuk menghasilkan energi.

Biasanya, pelaku diet keto hanya memakan karbohidrat kurang dari 30 gram per hari. Sementara asupan lemak relatif besar, sekitar 70 persen dari total makanan yang dikonsumsi sehari.

Mereka yang menerapkan diet keto menganggap diet rendah karbohidrat merupakan strategi yang cocok untuk menurunkan berat badan, meningkatkan energi, serta memperbaiki kesehatan.

Sejumlah bukti ilmiah menunjukkan diet tersebut bermanfaat bagi sebagian orang, dan sama-sama efektif dengan diet rendah lemak untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi, para ahli nutrisi menekankan bahwa diet keto dan diet lain yang membatasi makanan tertentu seperti diet Dukan dan Whole30 dapat menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.