Kompas.com - 11/01/2022, 08:38 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selama beribu-ribu tahun lamanya, perhiasan emas telah menjadi simbol kekayaan dan status sosial yang tinggi di kalangan masyarakat.

Daya pikat emas sendiri sebenarnya dimulai pada waktu yang hampir bersamaan dengan awal peradaban karena daya tahannya, keindahannya, kelangkaannya, dan usaha memurnikannya yang berkontribusi pada biayanya.

Jumlah emas yang ada di dalam perhiasan pun dapat berkisar dari 24 karat padat hingga lapisan tipis emas.

Kita juga mungkin sering melihat perhiasan bertanda 14 karat dan 10 karat. Ini masih terbilang emas asli, tetapi emas telah dicampur dengan logam lain untuk meningkatkan kekerasan dan daya tahannya.

Karena hampir semua perhiasan dikenakan dekat dengan kulit yang dapat menarik minyak tubuh, make-up, dan debu, maka perhiasan emas pun lambat laun dapat kehilangan kilaunya.

Namun, melakukan pembersihan secara teratur dapat membuat perhiasan emas tetap berkilau selama beberapa dekade.

Frekuensi pembersihannya

Frekuensi pembersihan perhiasan emas tergantung pada seberapa sering dipakai. Emas tidak mudah ternoda seperti perak, tetapi pemakaian yang sering dapat membuatnya tampak kusam.

Sementara itu, emas karat rendah yang mengandung konsentrasi logam lain juga lebih mudah ternoda jika terkena bahan kimia seperti klorin, alkohol, asam, dan senyawa belerang secara berlebihan.

Maka, perhiasan emas yang sering dipakai harus dibersihkan setidaknya setiap bulan atau lebih sering jika sudah mulai terlihat kusam.

Baca juga: Cara Membersihkan Perhiasan Berdasarkan Jenisnya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.