Kompas.com - 12/01/2022, 09:34 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selama masa pandemi, sebagian besar masyarakat menghabiskan lebih banyak waktunya di dalam rumah, sehingga tidak sedikit juga yang akhirnya menonton dan menjadi penggemar drama Korea.

Hal ini pun terlihat dari banyaknya drama-drama Korea yang dirilis dan menjadi perbincangan, bahkan beberapa publik figur pun turut menyuarakan kegemaran mereka terhadap drama Korea.

Di sepanjang tahun 2021 lalu ada banyak sekali drama dengan berbagai genre yang ramai dibicarakan seperti Vincenzo dengan genre dark comedy, lalu D.P. yang mengangkat genre drama dan militer.

Kemudian ada drama Jirisan dengan genre misteri dan fantasi, lalu drama Happiness dengan genre romantic comedy, thriller, dan fantasi.

Hingga Squid Game dengan genre survival, thriller, dan horor yang berhasil menarik perhatian besar di luar negeri.

Namun, dari beberapa drama Korea dengan beragam genre yang jadi perbincangan, drama dengan genre romance nyatanya masih menjadi favorit para penggemar K-drama.

Baca juga: 5 Drama Korea yang Cocok Ditonton Penggemar Hometown Cha-Cha-Cha

Hasil survei soal drama Korea

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Jakpat, dari 1173 responden, sebesar 85,19 persen menganggap  genre romance menjadi genre K-drama nomor satu yang jadi favorit, diikuti oleh genre komedi dan action.

Terbukti pula dengan drama Hometown Cha Cha Cha menjadi salah satu dari tiga drama teratas yang dipilih oleh responden survei sebagai drama yang paling digemari di tahun 2021.

Hometown Cha Cha Cha sendiri adalah drama bergenre romance yang diperankan oleh Shin Min Ah dan Kim Seon Ho yang tayang di tvN dan mendapat sambutan hangat dari para penontonnya.

Selain K-drama, genre romance juga menjadi genre yang paling banyak diminati oleh para pembaca buku fiksi dan novel.

"Sampai saat ini genre romance masih jadi primadona," terang Co-Founder Cabaca, salah satu penerbit digital di Indonesia, Fatimah Azzahrah dalam sebuah rilis.

"Mungkin karena cerita romansa lebih mudah diikuti dan relate dengan kehidupan banyak orang," sambung dia.

Adapun Cabaca juga melakukan survei dengan responden 350 orang. Dan hasilnya 80,5 persen responden memilih genre romance sebagai genre favorit. Diikuti dengan genre adult sebesar 47,3 persen, serta genre komedi sebesar 37,1 persen.

Baca juga: 5 Adegan K-Drama Paling Romantis yang Bikin Hati Berdebar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.