Kompas.com - 12/01/2022, 10:26 WIB
Dave Bennett (kanan) lelaki 57 tahun yang mendapatkan transplantasi jantung babi dalam operasi di University of Maryland Medical Center, AS. University of Maryland Medical CenterDave Bennett (kanan) lelaki 57 tahun yang mendapatkan transplantasi jantung babi dalam operasi di University of Maryland Medical Center, AS.

KOMPAS.com - Seorang pria asal Maryland, Amerika Serikat, menjadi orang pertama yang hidup dengan jantung babi di dalam tubuhnya.

Ya, pria bernama David Bennet itu baru saja melakukan transplantasi, di mana jantung seekor babi yang dimodifikasi secara genetik digunakan sebagai organ pengganti.

Pria berusia 57 tahun itu setuju untuk melakukan operasi transplantasi yang berisiko tinggi tersebut, dengan harapan bisa kembali ke rumah dan bertemu anjing kesayangannya, Lucky.

Dalam operasi selama sembilan jam yang dilakukan di Pusat Medis Universitas Maryland, para dokter sukses memakai jantung dari seekor babi berusia satu tahun berbobot 108 kilogram, yang dikembangkan khusus untuk tujuan ini.

Awalnya, Bennet tidak ingin melakukan operasi percobaan ini mengingat pekerjaannya yang bergantung pada kekuatan fisik.

Namun, rupanya dua bulan berada di rumah sakit membuat operasi apa pun menjadi berisiko, dan dia mengaku tak ingin meninggal di meja operasi.

Setelah itu, pikiran Bennet pun mulai berubah dan menyadari bahwa operasi itu adalah opsi terbaik baginya.

Bahkan, dia mulai berpikir untuk membantu orang lain dengan operasi itu.

"Apa pun yang terjadi nantinya, saya ingin membantu orang lain,” ujar Bennet kepada putranya sebelum operasi dimulai.

Namun nyatanya, kini Bennett berhasil bernapas tanpa bantuan ventilator.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.