Kompas.com - 18/01/2022, 21:06 WIB


KOMPAS.com - Pertambahan usia atau pun kegemukan dapat membuat tumpukan lemak di sekitar leher dan bawah dagu bertambah, yang disebut double chin.

"Dagu tambahan" ini dapat membuat kita kurang percaya diri, apalagi saat difoto wajah bisa terlihat lebih gemuk.

Kabar baiknya, kita bisa menghilangkannya dengan tindakan sedot lemak. Sama seperti sedot lemak di bagian perut, sedot lemak (liposuction) juga bisa dilakukan di area leher dan bawah dagu.

"Konsepnya mirip seperti liposuction pada bagian tubuh lain. Kalau untuk prosentasenya tergantung masing-masing, tentunya yang lemaknya lebih banyak juga diambil," kata dr Tasya Anggrahita Sp.BP-RE dalam acara pembukaan Plasthetic Clinic cabang Alam Sutera Tangerang.

Ia menambahkan, setiap tindakan operasi, termasuk liposuction di bagian bawah dagu, tentu akan memiliki bekas luka dan perlu waktu pemulihan (downtime).

Baca juga: Agar Makin Pede, Ikuti Tips Berikut untuk Hilangkan Double Chin

"Namun tindakannya sendiri cenderung singkat karena areanya juga lebih kecil," ujarnya.

Sedot lemak untuk menghilangkan double chin termasuk dalam tindakan pembentukan dan kontur wajah yang saat ini banyak dicari.

Peresmian Plastethic Clinic cabang Alam Sutera.Dok Plastethic clinic Peresmian Plastethic Clinic cabang Alam Sutera.

Menurut dokter Vera dari Plastethic Clinic cabang Alam Sutera, tindakan bedah plastik sebaiknya diikuti dengan perawatan estetika.

"Kombinasi dari tindakan estetik dan bedah plastik akan memberikan hasil yang jauh lebih optimal dan tentu akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pasien," katanya.

Plasthetic Clinic adalah klinik kecantikan yang menyediakan perawatan estetika lengkap dari ujung kaki hingga ujung kepala, juga tindakan operasi bedah plastik yang dilakukan oleh dokter bedah plastik berpengalaman.

Klinik yang berdiri sejak 2019 ini sedang melakukan ekspansi ke berbagai daerah, antara lain Bintaro Tangerang, Semarang, dan Aceh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.