Kompas.com - 21/01/2022, 07:45 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bisa dibilang, kopi adalah salah satu minuman terpopuler di dunia karena menambah semangat dan rasanya yang lezat.

Kopi juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan faktanya, kopi diketahui dapat menurunkan risiko depresi, meningkatkan penurunan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, serta penyakit kronis lainnya.

Tak hanya itu, kopi juga merupakan salah satu minuman yang dapat dikonsumsi untuk mencegah hilangnya ingatan lho.

Ya, dalam sebuah laporan di Journal of Alzheimer's Disease, beberapa penelitian kohort menemukan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang dapat memiliki efek positif pada kesehatan kognitif.

Menurut laporan tersebut, kopi dapat membantu mengurangi risiko demensia, melawan penyakit Alzheimer, dan memperlambat penurunan kognitif secara keseluruhan.

Nah, salah satu hipotesis utama mengapa kopi dapat membantu mencegah hilangnya ingatan adalah karena kandungan kafein dan kadar antioksidannya.

Kini, penelitian pun terus menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat membantu kesehatan kognitif kita.

Baca juga: Manfaat Kopi untuk Mencegah Alzheimer

Perhatikan kadar gula

Meski kopi berguna bagi ingatanmu. Ingatlah untuk tidak berlebihan soal menambahkan gula.

Pasalnya, meski kopi baik untuk ingatanmu, menambahkan gula dapat memiliki dampak negatif bagi kesehatan kognitif.

Sebuah studi dari Clinical Interventions in Aging menemukan bahwa terlalu banyak gula dapat merusak ingatan seiring berjalannya waktu, termasuk meningkatkan risiko demensia.

Harvard Medical School pun mengingatkan bahwa bahaya gula pada gangguan kognitif sangat merugikan, apalagi bagi mereka yang menderita diabetes atau berisiko tinggi.

Artinya, meminum kopi hitam atau kopi dengan sedikit krim dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan ingatan.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak membuatnya menjadi minuman dengan gula ekstra yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan ya.

Baca juga: 7 Hal yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Kopi Setiap Hari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.