Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2022, 09:18 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konsumsi buah-buahan memang sangat penting untuk kesehatan. Sebab, buah memiliki berbagai vitamin, nutrisi, dan serat yang dibutuhkan tubuh.

Bahkan, ada buah yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung, seperti anggur.

Ya, menurut laporan StudyFinds.org, sebuah studi yang dilakukan oleh University of California, Los Angeles, buah anggur sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Hal ini otomatis membuat anggur dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Untuk mendapatkan temuan ini, para peneliti memantau 19 orang berusia antara 21 hingga 55 tahun yang terbiasa mengonsumsi sekitar 40 anggur setiap harinya.

Selain anggur, para partisipan diketahui memiliki kebiasaan diet rendah serat dan bahan kimia nabati, baik sebelum dan selama uji coba berlangsung.

Hasilnya, para peneliti pun menemukan bahwa konsumsi anggur selama empat minggu saja rupanya dapat membuat kesehatan seseorang meningkat, meski para partisipan bukanlah orang yang makan buah dan sayuran secara teratur.

Baca juga: Apel dan Alpukat, Buah yang Dapat Bantu Turunkan Kolesterol

Selain itu, keragaman mikrobioma atau komunitas bakteri baik yang hidup di usus menjadi lebih tinggi.

Nah, di antara berbagai bakteri baik yang meningkat itu, ada Akkermania, bakteri yang membantu membakar gula dan kolesterol, serta memperkuat lapisan usus.

Selain itu, anggur juga mengandung antioksidan penting yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

"Kami menemukan bahwa anggur memiliki efek menguntungkan pada bakteri usus, yang merupakan berita bagus, karena usus yang sehat sangat penting untuk tubuh," kata peneliti utama studi Profesor Zhaoping Li dalam sebuah pernyataan.

Menurut Li, studi ini memperdalam pengetahuan para peneliti akan manfaat kesehatan buah anggur, terutama untuk kesehatan jantung karena dapat menurunkan kolesterol.

Selain itu, kadar asam empedu, yang memicu kolesterol jahat dalam darah partisipan pun turun lebih dari 40 persen.

Kolesterol jahat dan asam empedu ini dapat menyebabkan gumpalan yang menyumbat pembuluh darah dan memotong aliran darah ke jantung atau otak, sehingga mengakibatkan serangan jantung atau stroke yang dapat menjadi penyebab utama kematian terbesar di dunia.

Jadi, kamu bisa mengonsumsi anggur jika ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Rutin Makan Anggur Bantu Pertajam Ingatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com