Kompas.com - 24/01/2022, 05:05 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Gagasan dicintai oleh seseorang yang tidak bisa berhenti memikirkan kita bahkan rela melakukan segala sesuatu untuk membuat kita merasa istimewa mungkin terdengar menarik.

Tetapi hati-hati, tindakan pasangan yang seperti itu bisa menandakan bahwa dia adalah pasangan yang obsesif.

Jika kita tidak menyadari tanda-tanda awal pasangan obsesif, kita dapat terjerumus ke dalam hubungan yang berbahaya dan menyakitkan nantinya.

Apabila pasangan mengirimi pesan hampir setiap menit, memberikan perhatian berlebih, atau ingin mengetahui segala hal tentang kita dari bangun pagi hingga tidur di malam hari, kita perlu waspada.

Bisa jadi, pasanganmu mengalami apa yang disebut gangguan cinta obsesif atau obsessive love disorder.

Baca juga: Kenali, Ciri-ciri Pasangan yang Ingin Mendominasi Hidup Kita

Apa itu obsessive love disorder?

Obsessive love disorder belum secara resmi diakui sebagai sebuah gangguan.

Itu adalah kondisi ketika kita menjadi terobsesi dengan orang yang kita cintai dan merasa harus mengendalikan atau melindungi pasangan dengan cara apa pun.

"Pasangan yang obsesif merasakan ketertarikan yang luar biasa pada seseorang dan ingin mengontrol perilaku pasangannya," ujar psikoterapis Dr Vihan Sanyal.

"Jika orang tersebut tidak nyaman atau mencoba untuk meninggalkan hubungan, mereka dapat mengancam atau menyakiti orang tersebut."

"Orang seperti itu membuat tuntutan yang tidak masuk akal dan tidak menghormati batasan yang ditetapkan oleh orang lain."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
TANYA PAKAR - PARENTING
Ini 7 Tanda Pasangan Sudah Siap Menikah
Ini 7 Tanda Pasangan Sudah Siap...
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.