Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2022, 19:44 WIB
Imalay Naomi Lasono,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jam tangan merupakan salah satu aksesori yang banyak diandalkan pria. Selain sebagai penunjuk waktu, benda yang satu ini dinilai dapat melengkapi pakaian yang dikenakan.

Ada banyak sekali merek jam tangan pria yang sudah populer. Di antaranya Casio, Daniel Wellington, Fossil, dan Rolex. Tak ketinggalan, brand lokal pun kini mulai memproduksi jam tangan yang tidak kalah berkualitas.

Sebagai sebuah item fashion, jam tangan pria terdiri dari beberapa jenis yang dikelompokkan berdasarkan tampilannya. Berikut ulasan lengkapnya.

Analog

Jenis jam ini termasuk salah satu yang popular. Jam tangan analog menunjukkan waktu dengan jarum penanda.

Jam tangan analog merupakan salah satu jam yang paling simpel dan mudah untuk dibaca. Perkembangan inovasi jam tangan pun memunculkan jenis jam tangan analog yang jug membubuhkan informasi kalender.

Cara setting jam analog juga mudah. Biasanya, ada tombol pemutar atau istilahnya crown pada sisi kanan atau kiri. Crown dapat ditarik ketika penggunanya ingin mengatur waktu. Lalu, tekan kembali tombol pada posisi awal supaya jam tangan bisa berjalan normal.

Digital

Tidak kalah populer dari analog, jam tangan digital juga banyak bertebaran di pasar.
Berbagai merek ternama pun telah merilis koleksi jam tangan digital. Bagi yang kurang familiar, jam tangan digital ini menunjukkan waktu dengan teks angka pada layar liquid crystal display (LCD).

Jam tangan digital lebih mudah dibaca, bahkan untuk anak-anak usia sekolah sekalipun.
Meski demikian, mengatur waktu pada jam digital lebih rumit. Ini karena jam tangan digital biasanya terdiri dari banyak tombol.

Analog-Digital

Seperti namanya, ini merupakan jam tangan perpaduan dari jenis analog dan digital. Ada penunjuk jam dengan jarum lengkap dengan angka pad satu jam tangan.

Nama lain dari jenis ini adalah jam tangan hybrid. Uniknya, jam tangan dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan.

Antara lain untuk kebutuhan olahraga dan informasi kesehatan. Desainnya juga modern, tetapi tidak meninggalkan sisi tradisional dengan menampilkan jarum analognya. Cara setting dari jam tangan ini juga masih menggunakan crown.

Touchscreen (smartwatch)

Lebih modern dari yang sebelumnya, ada jam tangan touchscreen yang sedang jadi tren di pasaran. Seperti namanya, jam tangan ini bisa diatur hanya dengan layar saja, layaknya smartwatch.

Biasanya, tampilan jam tangan jenis ini berbentuk layaknya jenis digital, tetapi dapat diatur seperti analog.

Hal yang berbeda adalah fungsi yang bisa dimanfaatkan seperti ponsel. Anda bisa bertukar pesan lewat aplikasi dan melakukan panggilan. Fitur-fiturnya juga banyak, bahkan dapat diunduh oleh pengguna. Adapun brand-brand besar dunia yang merilis smartwatch, di antaranya Apple, Xiaomi, dan Samsung.

Braille (braille watch)

Jenis selanjutnya yang kurang familiar adalah tactile watch atau braille watch. Jenis yang satu ini diperuntukkan bagi penyandang tuna netra.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com