Kompas.com - 01/02/2022, 15:15 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selain dapat memengaruhi penambahan berat badan, beberapa makanan tertentu juga bisa membuat otak kita menua lebih cepat.

Menurut ahli gizi bersertifikat dan koki selebriti, Serena Poon, makanan tersebut bisa kita temui dalam bentuk camilan atau fast food yang semuanya dapat menyebabkan peradangan.

Faktanya, para peneliti menemukan bahwa makanan penyebab peradangan dapat menurunkan kesehatan fisik sekaligus menurunkan fungsi otak kita dengan lebih cepat.

Untuk mencegahnya, Poon membagikan tiga daftar makanan yang dapat menurunkan fungsi otak dengan cepat, seperti berikut ini.

1. Gula tambahan

Poon mengatakan bahwa mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan telah terbukti merusak memori dan meningkatkan risiko demensia.

Sayangnya, gula tambahan dapat dengan mudah ditemukan hampir di mana-mana. Mulai dari minuman, makanan penutup, hingga saus salad yang disamarkan sebagai makanan sehat.

"Pilihlah asupan makanan tanpa pemanis atau kita bisa membuat makanan sendiri di rumah untuk menjaga konsumsi gula tetap terkendali," katanya.

Baca juga: Lemas hingga Jerawatan, 12 Tanda Kita Makan Terlalu Banyak Gula

2. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan bersembunyi di balik roti putih, makanan yang dipanggang, dan sereal sarapan. Ini semua adalah makanan yang rendah gizi.

Menurut Poon, para peneliti telah menemukan bahwa mengonsumsi karbohidrat olahan dapat memengaruhi kesehatan kognitif dalam beberapa cara, termasuk perubahan fungsi di beberapa area otak.

"Sebaliknya, pilihlah biji-bijian dan karbohidrat kompleks lainnya seperti yang ditemukan dalam kacang-kacangan dan sayuran," ujar dia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.