Kompas.com - 10/02/2022, 10:10 WIB

KOMPAS.com - Air beras memang telah dikenal sebagai salah satu elemen perawatan kecantikan, mulai dari perawatan wajah hingga rambut.

Bahkan, banyak orang di Asia telah memanfaatkan air beras untuk menutrisi rambut agar sehat, kuat dan berkilau.

Namun jika bicara soal mendorong pertumbuhan rambut, apakah air beras bisa melakukannya?

Ilmuwan dan praktisi rambut bersertifikat Dr. Gaby Longsworth mengatakan, air beras memang dikenal akan kandungan vitamin dan proteinnya yang dapat memperkuat dan menyehatkan rambut.

Baca juga: Benarkah Air Beras Bermanfaat untuk Kesehatan Rambut?

"Air beras memiliki protein dan vitamin penting, seperti vitamin C dan E, mineral, asam amino, dan antioksidan," kata dia.

Menurut dia, vitamin C dapat meningkatkan sebum yang melembapkan kulit kepala, sementara vitamin E membuat rambut halus.

Lalu, asam amino dapat membantu memperkuat dan memperbaiki rambut dari dalam.

Dr. Longsworth juga menyebutkan manfaat inositol (yang sering disebut air beras pada label suatu produk), karbohidrat alami yang umum ditemukan pada beras.

Dia berpendapat, inositol dapat meningkatkan elastisitas rambut dan mengurangi gesekan permukaan, membuat rambut lebh halus dan tidak terlalu kusut.

Inositol ini juga dapat bertahan dalam helai rambut meski air beras telah dibilas. Inilah yang membuatnya cukup populer sebagai formula produk perawatan rambut, terutama bagi rambut ikal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.