Kompas.com - 13/02/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Mencari pekerjaan baru bisa menjadi hal yang menakutkan. Oleh sebab itu, penting untuk memiliki kesadaran diri dalam membuat perubahan karier.

Meski begitu, mengetahui bagaimana kita dapat menemukan pekerjaan yang mungkin kita inginkan dan cintai bisa terasa sangat menyenangkan.

Namun, mencari pekerjaan yang benar-benar kita inginkan pun ternyata perlu mempertimbangkan faktor pemenuhan pribadi dan nilai-nilai perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Baca juga: 6 Red Flag di Kantor, Tanda Perlu Cari Pekerjaan Baru

Nah, untuk mengetahuinya secara spesifik bagaimana menemukan pekerjaan yang kita inginkan, konsultan perekrutan Bert E. Miller membagikan tips untuk membantu kita mengoptimalkan masa depan profesional sebagai berikut.

1. Membuat inventaris diri

Membuat inventaris diri berarti mengevaluasi komitmen terhadap tujuan pribadi, profesional, serta keuangan.

Hal ini juga dapat membantu kita mengidentifikasi apa yang kita inginkan dari peran masa depan yang tidak kita dapatkan dari peran saat ini.

Miller menyarankan kita menulis profil pekerjaan yang ideal bagi diri kita sendiri sebagai bagian dari inventaris diri untuk membantu kita mendapatkan kejelasan tentang apa yang kita cari dalam peluang kerja.

"Bersikaplah secara dan transparan dengan apa yang kita inginkan. Profil pekerjaan harus merinci posisi sambil juga menyoroti misi perusahaan dan mengapa kita paling cocok untuk posisi dan perusahaan tersebut," kata Miller.

"Harus ada keseimbangan antara memahami peran dan belajar tentang perusahaan. Profil pekerjaan kita pub harus menunjukkan siapa kita nantinya," ungkap dia.

Baca juga: Temukan Keseimbangan antara Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan

Dalam profil diri kita ini, sertakan posisi pekerjaan yang diinginkan, apakah itu penuh waktu atau paruh waktu, berapa kisaran gajinya, ringkasan tunjangan, fakta tentang perusahaan, serta peran dan tanggung jawabnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.