Kompas.com - 22/02/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19 kita diwajibkan untuk selalu menggunakan masker di dalam keseharian.

Masalahnya, menggunakan masker dalam waktu lama bisa membuat area wajah yang tertutup masker lebih mudah berkeringat dan lembap.

Kelembapan ini pun dapat memicu peningkatan ekskresi sebum sehingga mengubah keseimbangan mikrobiom kulit yang mengganggu komposisi sebum.

Akibatnya, wajah menjadi mudah berjerawat dan muncul beruntusan.

Baca juga: Cegah Maskne, Pastikan Pori Wajah Tak Tersumbat

Ketika kulit wajah tidak dirawat dengan tepat, maka dua masalah kulit tersebut sering ditemui.

Menurut Erlyanie, founder B Erl Cosmetics, masalah kulit wajah tersebut menjadi fokus kebanyakan perempuan dalam memilih skincare saat ini.

"Kebanyakan orang menjadi lebih peduli pada kondisi kulit wajah. Terutama kalau nggak rajin mengganti masker, kulit bisa lebih mudah bruntusan dan berjerawat," ungkap Erlyanie, saat dihubungi Kompas.com.

Perubahan ini pun seolah menjadikan tren perawatan wajah selama pandemi mengalami pergeseran.

Dari yang awalnya -sebelum pandemi- ramai produk mencerahkan dan membuat wajah tampak glowing, kini berfokus pada masalah kulit yang kerap dialami perempuan. 

Baca juga: 5 Produk Skincare yang Sebaiknya Disimpan dalam Lemari Es

"Sekarang tren skincare juga makin lengkap gitu. Banyak pilihan skincare hadir dengan masalah kulit masing-masing," tambah dia.

Tak heran jika selama pandemi produsen skincare berlomba-lomba menghadirkan pilihan produk perawatan kulit yang bisa mengatasi masalah kulit beruntusan dan berjerawat.

"Jika kulit dirawat dengan tepat maka kulit akan lebih sehat. Nah, kalau kulit sehat akhirnya tampak lebih cerah dan kita jadi percaya diri," tutup Erlyanie.

Baca juga: Manfaat Perawatan Wajah dengan Es Batu di Rumah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.