Kompas.com - 05/03/2022, 14:44 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Perubahan warna gigi dapat terjadi karena berbagai alasan seperti pilihan makanan dan minuman (teh, kopi) yang dapat menyebabkan warna gigi menjadi kuning.

Selain itu, jika kita memiliki kebiasaan merokok atau tidak menjaga kebersihan mulut, masalah ini juga dapat muncul kembali dengan mudah.

Di sisi lain, faktor-faktor seperti penuaan, obat-obatan, maupun genetika ternyata juga dapat berperan dalam mengikis keindahan gigi kita.

Namun, jangan khawatir, memutihkan gigi bukanlah sesuatu yang rumit karena kita bisa memanfaatkan bahan-bahan yang sederhana dan melakukannya sendiri di rumah.

Baca juga: 4 Perawatan Rumahan untuk Memutihkan Gigi

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak lima cara memutihkan gigi dengan mudah dan sederhana di rumah, seperti berikut ini.

1. Mencoba baking soda

Sodium Bicarbonate alias baking soda adalah bahan pertama dan terpenting jika kita ingin memutihkan kembali gigi yang bernoda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of American Dental Association, baking soda bekerja sangat baik dalam menghilangkan noda dan gigi kuning, serta membuat gigi kita kembali putih.

Cara menggunakannya:

  • Campurkan beberapa tetes air dalam satu sendok teh baking soda sampai membentuk pasta.
  • Sikat gigi dengan pasta tersebut selama dua menit.
  • Bilas mulut setelah prosedur.
  • Ulangi proses ini dua kali sehari untuk hasil terbaik.

2. Gunakan cuka sari apel

Cuka sari apel adalah salah satu bahan yang mudah ditemukan di rumah atau bisa dibeli di toko-toko terdekat.

Bahan ajaib ini memiliki sifat pemutihan dan hadir dengan banyak kegunaan. Cuka sari apel juga bekerja secara ajaib untuk mencerahkan gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.