Kompas.com - 07/03/2022, 11:43 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, kulit secara alami kehilangan kelembapan, elastisitas dan kolagen sehingga muncul kerutan atau keriput.

Meskipun tanda penuaan datang secara alami, bukan berarti kita tidak bisa mencegah dan mengatasinya.

Beberapa perawatan kecantikan hingga kebiasaan sehari-hari terbilang ampuh dalam mencegah dan mengatasi kerutan di wajah.

Baca juga: 5 Tips Kurangi Kerutan di Bawah Mata

Misalnya saja suntik botoks, penggunaan retinol, hingga menggunakan tabir surya juga ampuh dalam mengurangi kerutan.

Berikut beberapa cara ampuh yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan di kulit wajah.

1. Botoks wajah

Akibat bertambahnya usia dan gerakan otot wajah yang berulang, garis-garis dan kerutan akan makin tampak seiring waktu. Ini yang dinamakan garis ekspresi wajah.

Botoks secara garis besar dapat memperbaiki atau menghilangkan kerutan di wajah untuk sementara. Metodenya adalah dengan mengisi atau menghentikan pembentukan garis ekspresi tersebut.

Sehingga wajah tampak lebih awet muda dan terasa lebih lembut. Biasanya perawatan botoks perlu diulang setiap 3 hingga 4 bulan sekali.

2. Perawatan kulit laser

Bagi beberapa orang yang ingin mengurangi kerutan di wajah dapat menggunakan perawatan kecantikan tingkat lanjut seperti laser.

Metode ini cukup populer dalam memperbaiki berbagai masalah kulit. Mulai dari jerawat, menghilangkan noda bekas jerawat, kulit kasar, kerutan hingga masalah pigmentasi.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.