Kompas.com - 17/03/2022, 20:55 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Nyeri merupakan masalah kesehatan yang paling umum dikeluhkan banyak orang.

Nyeri dapat ditandai dengan kondisi atau perasaan tidak nyaman pada bagian tubuh tertentu yang disebabkan oleh adanya gangguan atau kerusakan jaringan yang berkaitan dengan sistem saraf.

Pada umumnya, nyeri dapat berlangsung dalam jangka waktu tertentu dan dapat terjadi di area leher, lutut, lengan, tangan, kaki, kepala, punggung dan berbagai anggota tubuh lainnya.

Nyeri harus segera diatasi karena dampaknya bisa menurunkan produktivitas, memengaruhi kondisi psikologis, hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca juga: 9 Tanda Kolesterol Tinggi: dari Gangguan Mata hingga Nyeri Kaki

Kondisi ini pun menjadi alasan yang cukup lazim bagi seseorang untuk mencari perawatan medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat agar tidak memperparah gejala yang dialami.

"Nyeri termasuk salah satu kasus rawat jalan yang banyak dijumpai di berbagai fasilitas kesehatan, dan membutuhkan penanganan ahli saraf," papar dr. Sa’ad Budijono, SpKFR, dalam Virtual Media Briefing "Solusi Mengatasi Nyeri yang Aman di Tengah Pandemi" bersama OMRON, Kamis (17/3/2022).

Berdasarkan data Global Pain Index Report 2020, nyeri masih menjadi masalah global. Dari 19 ribu responden yang disurvei, 93 persen mengaku memiliki masalah nyeri, dengan sepertiganya menderita rasa nyeri setiap hari.

Kondisi tersebut tidak hanya dialami lansia, karena 1 dari 5 nyeri kronis juga dialami oleh mereka yang berusia di bawah 30 tahun.

Nyeri dapat disebabkan oleh banyak hal. Misalnya faktor degeneratif, aktivitas berlebihan, cedera saat olahraga, kelebihan berat badan, menderita penyakit tertentu, hingga kesalahan postur tubuh dalam beraktivitas.

Berbagai faktor tersebut dapat memicu kerusakan sel-sel tubuh sehingga timbul nyeri di beberapa bagian dan dalam jangka waktu tertentu.

Baca juga: Nyeri Punggung

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.