Kompas.com - 21/03/2022, 17:38 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagai orangtua yang sedang menantikan kelahiran sang buah hati, tentunya kita akan melakukan apa pun yang terbaik agar bayi kita lahir dengan sehat dan bahagia.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa masalah bisa saja timbul di masa kehamilan yang dapat memengaruhi bayi kita seperti kondisi cacat lahir atau gangguan kesehatan lainnya.

Menurut CDC, satu dari setiap 33 bayi akan lahir dengan cacat lahir. Sebagian besar cacat lahir ini terjadi selama tiga bulan pertama kehamilan, meskipun beberapa dapat terjadi di kemudian hari.

Meskipun penyebab beberapa cacat lahir belum banyak diketahui, namun kita tetap bisa mencegahnya dengan melakukan langkah-langkah yang tepat.

Nah, dilansir dari laman The Healthy, berikut adalah enam tips untuk mencegah cacat lahir pada bayi, baik itu sebelum dan selama masa kehamilan.

1. Mengonsumsi multivitamin dengan asam folat

Bagi perempuan yang sedang mencoba untuk hamil, sangat disarankan untuk mengonsumsi multivitamin setiap hari dengan setidaknya 0,4 mg asam folat.

"Jika dikonsumsi sebelum dan pada minggu-minggu pertama kehamilan, asam folat, vitamin B, terbukti membantu mencegah cacat lahir yang serius pada otak dan tulang belakang," kata ahli medis dan kesehatan di March of Dimes di Arlington, Virginia, Rahul Gupta, MD.

"Juga merupakan ide yang baik untuk mengonsumsi makanan yang mengandung folat seperti lentil, sayuran berdaun hijau, kacang hitam, dan jus jeruk," sambung dia.

2. Makan makanan yang kaya nutrisi

Makan makanan bergizi adalah salah satu cara untuk memastikan bayi kita memiliki kesempatan terbaik untuk memasuki dunia dengan kondisi yang benar-benar sehat.

Menikmati makanan yang kaya vitamin (kalsium dan asam folat), misalnya, dapat memastikan bayi mendapatkan vitamin yang juga tercukupi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.