Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kamu Sering Merasa Tidak Bahagia? Mungkin Ini Penyebabnya!

Kompas.com - 30/03/2022, 16:10 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Menjadi bahagia adalah keinginan semua orang. Sebab, perasaan ini bisa membuat seseorang merasakan ringannya kehidupan sehingga lebih menyenangkan dan bermakna.

Setiap orang memiliki definisi bahagianya sendiri. Ada yang mengatakan bahwa perasaan ini muncul sesederhana ketika melakukan atau mengingat hal-hal baik. Ada pula yang merasakannya saat telah sukses mencapai sesuatu.

Dikutip dari verywellmind, bahagia adalah keadaan emosional yang ditandai dengan perasaan senang dan puas. Selain itu, kebahagiaan sering digambarkan sebagai keadaan emosi positif karena adanya kepuasan hidup.

Demi mencapai kebahagiaan, seseorang perlu melewati suatu proses tertentu. Misalnya, berolahraga, belajar, atau bekerja. Lewat proses ini juga, rasa kebahagiaan seseorang dibangun. Oleh karena itu, apabila gagal, orang cenderung tak merasa bahagia.

Pada saat itu, mereka memancarkan emosi negatif yang membuat orang di sekitarnya tidak nyaman. Bahkan, menurut artikel Forbes, ketidakbahagiaan bisa membuat seseorang tidak mengenali dirinya sendiri dan terjebak dalam lingkaran jahat yang menahan kesuksesan.

Dalam siniar Smart Inspiration edisi Smart Happiness bertajuk “5 Hal Sepele yang Membuat Tidak Bahagia”, Arvan Pradiansyah, motivator ternama Indonesia, membagikan pandangannya mengenai lima hal yang bisa membuat seseorang tidak berbahagia.

Meremehkan Hal yang Dimiliki

“Kita cenderung berfokus terhadap hal-hal yang tidak dimiliki sehingga kurang bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki,” ungkap Arvan.

Kecenderungan tersebut diakibatkan adanya pola pikir kebahagiaan yang salah. Jika hal ini tak segera disadari, kecenderungan ini akan menjadi sebuah siklus yang terus berputar.

Baca juga: Soesilo Toer, Roda Pedati Kehidupannya yang Berelasi dengan Law of Rhythm

Sebab, ketika seseorang berfokus terhadap hal-hal yang tidak bisa dimiliki, ia akan terus mengejar hal tersebut hingga mendapatkanya. Di samping itu, ia tidak akan pernah merasa puas sehingga terus mengejarnya tanpa kenal waktu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.