Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Kebiasaan Sehat untuk Metabolisme Tubuh Lebih Baik

Kompas.com - 05/04/2022, 08:20 WIB
Anya Dellanita,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Metabolisme sangat berkaitan erat dengan seberapa banyak kalori yang kita bakar setiap hari.

Kita bisa mengalami surplus, yang berarti menyimpan kalori sebagai lemak, atau mungkin mengalami defisit kalori, artinya kita telah menghabiskan simpanan sehingga harus mengambil dari cadangan.

Metabolisme sendiri berasal dari kata Yunani, “metabolismo”, yang berarti perubahan.

"Ini merujuk pada semua reaksi kimia dalam tubuh dan pada akhirnya mengacu pada keseimbangan energi," kata Brian Fertig, MD, FACE, ahli endokrin di Hackensack Meridian Health di Pusat Medis Universitas JFK di Edison, NJ

"Seseorang yang 'memiliki metabolisme lambat' cenderung mudah menambah berat badan meski tidak makan berlebihan, sedangkan 'memiliki metabolisme yang cepat' sama dengan kemampuan untuk makan lebih banyak tanpa menambah berat badan," kata Dr. Fertig.

Baca juga: 6 Tanda Metabolisme Tubuh Bermasalah

Kesehatan metabolisme juga mencakup seluruh tubuh kita.

"Metabolisme adalah seperangkat mekanisme seluler yang menghasilkan energi dari makanan dan lingkungan untuk memberi daya pada setiap sel dalam tubuh," kata Casey Means, MD, salah satu pendiri dan kepala petugas medis Levels Health di Portland, Oregon.

Ketika jalur penghasil energi itu berjalan dengan lancar, kita mendapatkan kesehatan metabolisme yang optimal, suasana hati yang baik, dan pikiran pun fokus.

Tubuh juga akan menjadi lebih kuat dengan berat badan stabil, serta memiliki toleransi yang baik untuk berbagai macam makanan tanpa adanya gangguan pencernaan atau kembung.

Di sisi lain, ketika kita tidak memiliki kesehatan metabolisme yang baik, sel-sel tidak dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk beroperasi dengan baik, dan disfungsi serta penyakit seperti masalah jantung, stroke, diabetes, hingga Alzheimer dapat terjadi.

Untuk itu, kita perlu menerapkam kebiasaan gaya hidup sehat yang mendukung metabolisme yang baik, berikut ini.

Bangun otot dalam tubuh

Physical Activity Guidelines for Americans merekomendasikan agar kita tidak hanya melakukan aktivitas aerobik, namun juga latihan kekuatan.

"Latihan kekuatan akan membentuk otot, dan makin banyak otot yang kita miliki, semakin banyak kalori yang kita bakar. Itulah sebabnya orang kuat membakar lebih banyak kalori hanya dengan duduk-duduk." 

Begitu dikatakan Marc Hellerstein, MD, PhD , pakar nutrisi dari University of California di Berkeley dan profesor endokrinologi, metabolisme, dan nutrisi di University of California di San Francisco.

Salah satu cara terbaik untuk membentuk otot tanpa lemak adalah latihan ketahanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com