Kompas.com - 08/04/2022, 10:23 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tak hanya dari tindakan dan perilaku, anak juga akan belajar dari kata-kata yang diucapkan orangtua padanya.

Karena itu, penting bagi orangtua untuk memperhatikan kalimat yang ia ucapkan pada anaknya. Jika salah ucap, hubungan orangtua dan anak bisa menjadi renggang.

Nah, agar hubungan orangtua dan anak semakin erat dan didasari dengan rasa saling percaya, ada enam kalimat yang bisa diucapkan. Berikut daftarnya.

“Kamu harus bangga pada diri sendiri!”

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Washington, rasa self-esteem (percaya diri) anak sebenarnya telah berkembang sejak ia duduk di taman kanak-kanak.

Karena itu, orangtua memainkan peran penting dalam membantu anak mengembangkan perasaan positif itu.

Amy McCready, coach parenting dan pendiri dari situs PositiveParentingSolutions merekomendasikan agar orangtua mengatakan bahwa anak harus bangga pada dirinya sendiri.

Dengan ini, diharapkan kita dapat membantu mendorong motivasi internal dan memperkuat fakta bahwa pendapat orang lain tentang anak tidak sepenting pendapat anak pada dirinya sendiri.

Baca juga: 4 Tips Tumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak dan Tetap Rendah Hati

"Ibu juga mengerti rasanya!"

Menurut McCready, mengatakan "Ibu juga mengerti kok!" dengan antusias dapat menjadi cara untui meminimalisir komplain.

“Saat anak komplain tentang tugas-tugasnya atau menolak merapikan kamarnya, cobalah berkata 'Ibu juga tahu kok tahu kalau merapikan kamar itu repot! Tapi kalau nggak dirapikan nanti tidurnya nggak enak.'"

Seperti dikatakan oleh para ahli kesehatan mental anak, mengatakan bahwa kita memahami apa yang dikatakannya bukan berarti kita selalu setuju dengan apa yang dilakukan anak saat menanggapi perasaannya.

Halaman:
Sumber Huffpost


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.