Kompas.com - 15/04/2022, 11:47 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat menggunakan produk skincare, umumnya seseorang hanya menggunakannya di wajah. Padahal, pemakaian skincare pada leher tak kalah penting.

Apalagi, skincare bisa menjadi kunci agar leher dan belahan dada kita terlihat lebih baik lho.

Namun, skincare apa saja yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit leher?

Dilansir dari Real Simple, dokter kulit bersertifikat di New York, dr. Yunyoung Claire Chang, mengatakan bahwa leher dan décolletage (belahan dada) sebenarnya memiliki lebih sedikit kelenjar minyak dibanding wajah, membuatnya lebih rentan kering.

Untuk mengatasi masalah ini, Dr. Chang merekomendasikan agar kita memberi kulit leher tambahan hidrasi, baik itu dengan serum, pelembap yang lebih kental, atau masker penghidrasi guna menjaga kulit tampak segar dan montok.

Dokter Chang juga mengatakan bahwa kita bisa menggunakan cairan ekstra dari produk untuk wajah pada leher di akhir rutinitas perawatan kulit.

"Ingatlah untuk menggunakan krim pelembap setelah memakai masker guna mengunci hidrasi pada kulit leher,” ujarnya.

Selain itu, dokter kulit bersertifikat di Skin Oasis Dermatology di Maryland dr. Katina Byrd Miles mengatakan bahwa serum dengan retinol, asam hialuronat, dan antioksidan seperti vitamin C juga dapat membantu menjaga integritas kulit dan meminimalisir pigmentasi yang tidak diinginkan.

Banyak ahli yang merekomendasikan agar kita menggunakan produk-produk di atas dengan menerapkan gerakan ke atas.

Apakah ada produk skincare yang harus digunakan setiap hari?

Jawabannya, ada.

Melihat kontributor utama penuaan dini pada leher adalah matahari, sebaiknya kita menggunakan sunscreen atau tabir surya (setidaknya dengan SPF 30) setiap hari, terlepas dari apakah kita pergi ke luar rumah atau tidak.

Lalu selain perlindungan matahari topikal, dr. Miles dan dr. Chang merekomendasikan agar kita menggunakan pakaian yand dapat melindungi kita dari paparan sinar matahari, antioksidan, dan produk anti penuaan seperti retinol di leher dan décolletage.

Baca juga: 9 Cara Rumahan Mencerahkan Leher yang Hitam

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber InStyle
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.