Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, 5 Menu Sarapan yang Aman Dikonsumsi Penderita Hipertensi

Kompas.com - 19/04/2022, 08:30 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Menjaga tekanan darah agar berada di kisaran normal bagi penderita hipertensi memang gampang-gampang susah.

Sedikit saja salah makan atau kurang bergerak, tekanan darah bisa langsung melonjak dan mengakibatkan jantung berdebar-debar dan sakit kepala.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengontrol tekanan darah supaya tidak naik terlalu tinggi.

Misalnya dengan mengurangi konsumsi kafein, menjaga berat badan, rajin berolahraga, dan berhenti merokok dan minum alkohol.

Sarapan yang bikin penderita hipertensi tidak cemas

Selain cara-cara yang sudah disebutkan, mengontrol tekanan darah juga bisa dilakukan dengan memilih menu sarapan yang tepat.

Nah, karena sarapan diperlukan sebagai "bahan bakar" tubuh di pagi hari, kita harus menyiapkannya secara cermat.

Supaya tidak salah pilih, saran dari ahli diet terdaftar Lauren Manaker, MS, RDN, LDN di bawah ini dapat dijadikan referensi.

1. Oat

Menu sarapan yang satu ini memang penuh dengan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yang termasuk dalam pedoman diet DASH.

Diet yang merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension itu sering direkomendasikan bagi orang-orang yang mengidap tekanan darah tinggi.

"Oat dikenal karena manfaatnya menurunkan kolesterol, tetapi serat yang ditemukan dalam karbohidrat juga terkait dengan penurunan tekanan darah," kata Manaker.

"Serat soluble (serat larut air) mungkin memiliki efek positif pada tekanan darah, terutama bagi mereka yang obesitas."

Baca juga: 11 Gejala Hipertensi yang Perlu Diwaspadai

Ilustrasi kacang kenari.Racool_studio Ilustrasi kacang kenari.

2. Kacang kenari

Supaya tekanan darah terkontrol, cobalah memadukan kacang kenari atau biasa disebut walnut sebagai topping ketika menyantap oatmeal.

Manfaat kacang kenari telah dikaitkan dengan kadar kalsium dan magnesium yang tinggi yang merupakan dua nutrisi dalam diet DASH.

"Kacang kenari adalah pembangkit tenaga dalam hal nutrisi," katanya.

"Data menunjukkan bahwa memakan kacang kenari sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dapat membantu menurunkan tekanan darah pusat, pengukuran tekanan yang diberikan pada organ dan indikator utama kesehatan jantung," lanjut Manaker.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com