Kompas.com - 13/05/2022, 10:43 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Barbie dan Mattel nampaknya semakin serius untuk mempromosikan keragaman dan inklusi.

Ya, pada Juni mendatang, produsen mainan asal Amerika itu akan merilis satu set boneka baru bertema keragaman, dengan merilis boneka Barbie pertama dengan alat bantu dengar dan sebuah boneka Ken dengan kondisi kulit vitiligo.

Set boneka Barbie yang hadir dalam line up Barbie Fashionista 2022 ini rencananya akan tersedia di berbagai toko, seperti Walmart, Target and Amazon.

Diharapkan, kehadiran boneka Barbie baru ini bisa membuat anak-anak melihat diri mereka tercermin, seperti dikatakan oleh Mattel's Global Head of Barbie Dolls, Lisa McKnight dalam sebuah pernyataan pers.

McKnight menambahkan, anak-anak juga harus didorong untuk bermain dengan boneka yang tidak menggambarkan dirinya guna membantu dia memahami perbedaan dan merayakan pentingnya inklusi.

Baca juga: Kisah Perjuangan Anne Avantie di Balik Boneka Barbie Dirinya

Boneka Barbie dengan alat bantu dengar Boneka Barbie dengan alat bantu dengar
Dalam pembuatan alat bantu dengar bagi seri boneka Barbie kali ini, praktisi terkemuka di bidang audiologi pendidikan Dr. Jen Richardson ikut ambil bagian, guna membantu meniru bentuk perangkat di belakang telinga tersebut dengan sempurna.

Richardson juga mengatakan Barbie dengan gaya rambut kuncir kuda dan alat bantu dengar berwarna hot pink ini akan mampu menginspirasi mereka yang pernah mengalami gangguan pendengaran.

"Saya sangat senang melihat pasien muda saya melihat dan bermain dengan boneka yang mirip dengan mereka," katanya dalam siaran pers.

Baca juga: Butet Manurung Terpilih untuk Jadi Model Boneka Barbie Terbaru

Boneka Ken terbaru dengan kulit vitiligo Boneka Ken terbaru dengan kulit vitiligo
Dalam beberapa tahun terakhir, Mattel dan Barbie memang telah mengubah stereotip tipe tubuh Barbie yang tadinya selalu digambarkan sempurna.

Mulai dari Barbie berdada lebih kecil peti hingga sosok yang lebih berisi, serta boneka laki-laki yang nampak lebih ramping dan tidak terlalu berotot. Artinya, seri mainan baru ini dimaksudkan untuk lebih mewakili berbagai variasi tipe tubuh.

Sebelumnya, Mattel sempat merilis Barbie pirang bermata biru yang berada di kursi roda dan boneka berambut cokelat dengan kaki palsu.

Lalu pada tahun 2020, Mattel meluncurkan Barbie berkulit hitam dengan kondisi kulit vitiligo, yang menjadi salah satu produk dengan penjualan terbaik dari lini Fashionista di AS pada tahun yang sama.

Hal serupa juga terjadi pada tahun 2021, saat Mattel merilis Barbie berkulit hitam dengan gaya rambut afro, yang menjadi salah satu dari lima model Barbie terpopuler di dunia.

Baca juga: Mengenal 8 Barbie Termahal di Dunia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.