Kompas.com - 19/05/2022, 13:23 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bunga matahari merupakan salah satu tanaman yang populer untuk dijadikan hiasan karena berbagai warnanya yang cerah, seperti kuning terang, oranye, dan merah.

Sayangnya, bunga dengan nama ilmiah Helianthus annuus ini bukanlah bunga yang mudah ditanam. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menanamnya.

Misalnya, mengecek seberapa tinggi bunganya akan tumbuh. Pasalnya, bunga matahari bisa tumbuh hingga tingginya mencapai enam meter, sehingga memerlukan tempat yang cukup luas dan memadai.

Lalu, kita juga tidak boleh salah dalam memilih jenis bunga matahari jika menginginkan sesuatu yang spesifik seperti warna atau ukuran.

“Saya merekomendasikan bunga matahari unik yang dapat menambah warna pada halaman. Double Dandy, Ms Mars, Procut Plum dan Claret adalah favorit saya,” ujar pakar berkebun Isabelle Palmer dalam artikel yang ditulisnya di situs Good Housekeeping.

Jenis “Giraffe” juga bisa dipilih jika kita menginginkan bunga matahari raksasa berwarna kuning cerah. Bunga matahari jenis ini bisa tumbuh higga hampir lima meter.

Ada pula jenis Russian giant yang cocok bagi penyuka tanaman besar.

“Varietas kecil yang cocok untuk container gardening adalah Baby Bear, Little Dorrit, Copper Queen and Vanilla Ice,” lanjut Palmer.

Baca juga: Tips Menanam dan Merawat Tanaman Merambat Clematis

Cara menanam bunga matahari

Petugas PPSU Kelurahan Ujung Menteng Nana Suryana memerhatikan bunga matahari yang ditanam di pinggir aliran KBT, Jumat (17/5/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Petugas PPSU Kelurahan Ujung Menteng Nana Suryana memerhatikan bunga matahari yang ditanam di pinggir aliran KBT, Jumat (17/5/2019).
Palmer juga memberi tips dan cara menanam bunga matahari.

Menurutnya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menanam benih bunga matahari dengan media kompos multiguna bebas gambut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.