Kompas.com - 19/05/2022, 20:23 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidak seperti anjing, kucing merupakan hewan yang sangat mandiri. Buktinya, kucing bisa melakukan “self-grooming” atau merawat bulunya sendiri, mencari makanan sendiri, dan bermain sendirian.

Kucing juga selalu terlihat cuek dan tidak mempedulikan keadaan di sekitarnya, makin menonjolkan sifat penyendirinya.

Namun, rupanya kucing tidak secuek itu. Bahkan, sebuah penelitian baru mengatakan kucing rupanya tetap memperhatikan orang atau hewan di dekatnya.

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature, dilaporkan kucing dapat memahami nama-nama kucing lain dan berpotensi mengetahui nama-nama manusia yang ada di sekitarnya.

Untuk membuktikannya, para peneliti dari Kyoto University pun mengamati kucing-kucing yang tinggal bersamaan dengan kucing lainnya.

Misalnya, kucing peliharaan dan kucing di cat cafe, tempat di mana pengunjung dapat berinteraksi dengan kucing yang ada di kafe tersebut.

Selama penelitian berlangsung, para peneliti menunjukkan foto kucing lain yang ikut tinggal di rumah atau kafe yang sama pada kucing yang dijadikan objek studi.

Saat menunjukkan foto tersebut, para penelitu memutar rekaman suara pemilik kucing yang menyebutkan nama kucing dalam foto dan nama palsu kucing itu.

Hasilnya, ditemukan bahwa kucing peliharaan menatap foto temannya lebih lama saat tuannya menyebutkan nama yang salah. Menurut para peneliti, reaksi ini menggambarkan rasa bingung kucing.

Selain itu, kucing yang telah tinggal bersama manusia dan hewan lainu untuk waktu yang cukup lama rupanya menatap foto tersebut jauh lebih lama saat nama dan foto yang diberikan tidak cocok satu sama lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.