Kompas.com - 20/05/2022, 08:32 WIB

KOMPAS.com - Tubuh memerlukan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat.

Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan kita.

Tingginya kadar kolesterol akan menyebabkan penyempitan di pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju dan dari jantung terganggu.

Kondisi ini dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, masalah pada katup jantung, nyeri dada, serangan jantung, dan stroke.

Baca juga: Cara Penyajian Kopi Rupanya Pengaruhi Kadar Kolesterol, Seperti Apa?

Ada beberapa orang di dunia ini yang memiliki kerentanan terhadap kolesterol tinggi karena kelainan genetik langka yang disebut familial hypercholesterolemia.

Akan tetapi, sebagian besar dari kita yang tidak mengalami kondisi tersebut dapat mengendalikan kadar kolesterol dengan menerapkan kebiasaan makan yang sehat.

Begini caranya, sebagaimana dikutip laman Eat This, Not That!.

1. Makan protein nabati yang rendah sodium

Alih-alih memenuhi kebutuhan protein dari daging sapi atau daging unggas, pilihlah protein nabati seperti kacang-kacangan, kedelai, lentil, serta kacang dan biji-bijian tanpa garam.

Biasakan agar, setidaknya, setengah atau lebih dari menu makanan berprotein kita adalah protein nabati yang diproses seminimal mungkin.

2. Mengonsumsi biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh bergizi karena mengandung lapisan kulit luar (dedak) yang kaya serat, kuman yang kaya nutrisi, dan endosperma.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.