Kompas.com - 20/05/2022, 15:18 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak dari kita mungkin belum tahu bahwa kain-kain tenun dari Nusa Tenggara memiliki corak dan desain yang amat beragam dan indah.

Kain-kain tenun ini mungkin tidak setenar batik, namun mereka yang melihatnya, dipastikan akan jatuh cinta, seperti yang dialami perancang terkenal Asha Smara Darra.

“Nusa Tenggara adalah tempat yang spesial untuk saya, karena di sanalah awal dari perjalanan tekstil saya di Indonesia,” ujar Asha Smara Darra dalam acara virtual Senin (16/5/2022).

Karena kecintaannya itu, Asha pun bekerjasama dengan The Apurva Kempinski Bali mengadakan peragaan busana mewah yang menunjukan keindahan kain dari Nusa Tenggara.

Peragaan busana karya Asha Smara Darra yang menampilkan tenun Nusa Tenggara di Hotel Apurva Kempinski Bali Peragaan busana karya Asha Smara Darra yang menampilkan tenun Nusa Tenggara di Hotel Apurva Kempinski Bali
Acara yang diadakan pada hari Minggu, 15 Mei 2022 di lobi hotel bintang 5 itu merupakan bentuk apresiasi atas warisan budaya Nusa Tenggara, serta karya seni Indonesia.

Sebanyak 24 koleksi pakaian ready to wear ditampilkan melalui peragaan busana ini, dengan harapan semakin banyak orang yang dapat melihat evolusi dari kain-kain antik yang dibuat secara tradisional.

Dalam peragaan ini, Asha menampilkan busana dengan potongan simpel karena ingin menonjolkan motif-motif yang indah pada kain tenunnya.

"Tenun Nusa Tenggara ini sudah sangat indah, sehingga saya menghadirkan cut yang simpel dengan paduan sederhana dengan bahan lain, untuk menonjolkan kainnya," jelasnya.

Peragaan busana karya Asha Smara Darra yang menampilkan tenun Nusa Tenggara di Hotel Apurva Kempinski Bali Peragaan busana karya Asha Smara Darra yang menampilkan tenun Nusa Tenggara di Hotel Apurva Kempinski Bali
Asha juga menghadirkan kain-kain dengan warna yang lebih muda, dengan cutting longgar dan nyaman bergaya resort.

"Saya ingin menunjukkan bahwa tenun ikat juga bisa dipakai di Bali, bisa dipadupadankan dengan berbagai gaya resort, bisa dipakai di segala kesempatan, dan saya ingin orang melihat bahwa tenun nyaman dipakai," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.