Kompas.com - 22/05/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Achmad Yurianto, mantan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dilaporkan meninggal dunia akibat kanker usus pada Sabtu (21/5/2022)

Dikutip dari Kompas.com (21/5/2022), Yurianto meninggal dunia di RSUD Syaiful Anwar, Malang setelah sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta karena kanker.

"Meninggal di RSUD Syaiful Anwar, Malang. Sebelumnya di RSPAD Jakarta," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Widyawati setelah dikonfirmasi.

Baca juga: 3 Kebiasaan Sehat ini Bantu Turunkan Risiko Kanker Secara Drastis

Penyebab kanker usur besar

Kanker usus besar alias kanker kolorektal sendiri merupakan kanker yang paling banyak diderita.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, dalam data Globocan tahun 2018, tercatat bahwa kanker kolorektal menjadi kanker tertinggi kedua yang diderita pria Indonesia, dengan jumlah kasus baru melampaui 30.000.

Sesuai namanya, kanker kolorektal terjadi di usus besar dan biasa menyerang lansia, meski dapat terjadi pada semua kalangan usia.

Mengutip Mayo Clinic, umumnya kanker ini diawali dengan munculnya gumpalan kecil sel non-kanker bernama polip di bagian dalam usus besar.

Namun seiring waktu berjalan, polip bisa berkembang dan mengakibatkan kanker usus besar.

Untuk itu, dokter menyarankan agar pasien melakukan skrining rutin guna mengidentifikasi dan menghilangkan polip sebelum berubah menjadi kanker.

Baca juga: 7 Tips yang Bisa Dilakukan untuk Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Jika polip berkembang menjadi kanker, biasanya penderita akan mengalami beberapa gejala, seperti diare dan sembeli terus menerus, pedarahan dubur atau tinja yang berdarah, kram perut, kelelahan, dan penurunan berat badan mendadak.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.