Kompas.com - 24/05/2022, 08:11 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sampai saat ini, sampah plastik masih menjadi salah satu masalah lingkungan terbesar yang terus menjadi perhatian.

Apalagi, sebagian besar sampah plastik cukup sulit untuk didaur ulang (recycle) menjadi barang baru sehingga banyak yang kemudian berakhir di laut.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 menyebutkan bahwa sampah plastik di Indonesia telah mencapai 66 juta ton per tahun.

Kondisi ini tentunya sangat menghawatirkan karena masalah sampah plastik tidak hanya bisa mengganggu kelestarian lingkungan laut, tetapi juga kesehatan manusia yang mengonsumsi makanan laut yang sudah tercemar mikroplastik.

Berolahraga hanya 10 menit

Melihat masalah ini, merek olahraga asal Jerman, Adidas pun bekerja sama dengan Parley for the Oceans membentuk sebuah inisiatif bernama Run for the Oceans untuk mengurangi sampah plastik di laut.

Di tahun 2022 ini, Run for the Oceans kembali hadir dengan menambahkan cabang-cabang olahraga baru (tidak hanya berlari), seperti tenis hingga sepakbola untuk bersatu menjaga kelestarian laut dari sampah plastik.

Inisiatif ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Adidas Runtastic, di mana setiap durasi dari aktivitas olahraga kita akan terekam dan bisa menjadi donasi untuk membersihkan sampah plastik.

Adidas x Parley kembali menghadirkan Run for the Oceans 2022 yang dibuka dengan acara lari bersama sejauh 5K di Bali, Senin (23/5/2022).KOMPAS.COM/RYAN SARA Adidas x Parley kembali menghadirkan Run for the Oceans 2022 yang dibuka dengan acara lari bersama sejauh 5K di Bali, Senin (23/5/2022).
"Dengan berpartisipasi dalam Run for the Oceans, kita bisa melakukan aktivitas olahraga sekaligus menyumbang untuk membantu melestarikan laut."

Demikian penuturan President Director of Adidas Indonesia, Benjamin Handradjasa, dalam acara lari bersama sejauh 5K di Bali, Senin (23/5/2022).

"Adidas x Parley akan memberikan donasi untuk membersihkan sampah plastik di area pantai sesuai dengan durasi olahraga yang kita lakukan."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.