Kompas.com - 27/05/2022, 06:43 WIB

KOMPAS.com - Hidup tanpa pasangan bukanlah masalah bagi beberapa orang karena mereka memiliki banyak waktu untuk menyenangkan diri sendiri.

Akan tetapi, kondisi yang berbeda justru dialami oleh orang-orang tertentu yang mengalami anuptaphobia alias takut menjomblo hingga akhir hayat.

Pasalnya, mereka merasakan kecemasan dan kepanikan ketika memikirkan masalah asmara, pernikahan, dan masa depan seandainya tidak memiliki pasangan.

Anuptaphobia bisa muncul jika seseorang pernah merasakan peristiwa traumatis, perceraian orangtua, atau kematian anggota keluarga.

Sayangnya, banyak orang yang belum memiliki pasangan menganggap ketakutannya sebagai ngebet nikah semata, padahal sebenarnya mereka mengalami anuptaphobia.

Nah, supaya perbedaan istilah keduanya tidak disalahartikan, simak dulu apa saja tanda anuptaphobia berikut ini.

1. Selalu ingin menjalin hubungan

Orang-orang yang mengalami anuptaphobia tidak betah memegang status jomblo. Jadi, mereka berusaha mencari pasangan walau baru saja putus.

Fobia tersebut menyebabkan mereka tidak membiarkan dirinya sendiri untuk pulih setelah hubungan terakhirnya kandas.

Makanya, tidak mengherankan apabila si anuptaphobia cenderung terburu-buru mencari gebetan baru untuk dijadikan pasangannya.

Baca juga: Tertekan Karena Jomblo? Ini 3 Tips Mencari Pasangan yang Bisa Dicoba

2. Tidak bijak memilih pasangan

Orang-orang yang penuh pertimbangan tentu akan menilik bobot, bibit, bebet dari calon pasangan sebelum benar-benar berjodoh.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.