Kompas.com - 23/06/2022, 14:03 WIB

KOMPAS.com – Mendekati hari pernikahan, calon pengantin wanita akan semakin sibuk menyiapkan berbagai hal. Selain mengurus pesta resepsi, calon pengantin wanita juga harus menjaga penampilan dengan merawat tubuh di salon, seperti lulur dan ratus.

Namun, tahukah Anda bahwa seorang calon pengantin juga harus memerhatikan status gizi. Adapun status gizi adalah kondisi yang diakibatkan oleh keseimbangan antara asupan zat gizi dari makanan dengan kebutuhan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Hal tersebut merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai derajat kesehatan yang optimal. Terutama, bagi Anda yang ingin segera hamil setelah menikah.

Baca juga : Duh, Dampak Anemia pada Remaja Putri Bikin Ngeri

Seorang calon ibu harus mempunyai status gizi yang baik sebelum kehamilan. Pasalnya, status gizi dapat memengaruhi pertumbuhan janin dengan optimal.

Sebaliknya, jika asupan gizi ibu kurang dan terbawa saat masa kehamilan, dapat mengakibatkan kehamilan terganggu. Misalnya, bayi lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR) sehingga dapat meningkatkan risiko stunting.

Sebagai Generasi Bersih dan Sehat (GenBest), calon pengantin wanita perlu mengetahui status gizi dengan tiga cara berikut.

1. Berat badan

Sebagai calon ibu, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memiliki berat badan yang tepat. Tidak boleh terlalu kurus atau gemuk.

Badan yang terlalu kurus atau kegemukan sering dikaitkan dengan masalah kesuburan. Sebab, lemak tubuh yang tidak mencukupi atau justru berlebihan dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Dengan demikian, dapat menurunkan peluang ibu untuk berovulasi.

Untuk mengetahui berat badan yang tepat, Anda dapat menghitung berat badan menggunakan Indeks Massa Tubuh (IMT). Jika hasil IMT kurang dari 18,6 tandanya berat badan Anda.

Sementara itu, jika IMT 25-29,9 tandanya kegemukan dan IMT 30 atau lebih tandanya Anda mengalami obesitas. Nah, jika hasil IMT 18,5-24,9 tandanya berat badan Anda normal.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.