Kompas.com - 01/07/2022, 08:49 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki hak untuk menolak dan mengatakan tidak pada orang lain.

Kendati demikian, menolak dan mengatakan “tidak” ini cukup sulit. Pasalnya, umumnya manusia selalu ingin dipandang “baik” dan menolak bisa membuat kita terlihat tidak peduli di mata orang lain.

Tak jarang, hal ini membuat kita memaksakan diri dan melakukan apa yang tidak kita sukai dan membuat kita tidak nyaman karena takut dijauhi.

Namun rupanya ada cara menolak tanpa menyinggung perasaan. Beberapa rekomendasi para pakar hubungan berikut, mungkin bisa kita pakai saat harus menolak orang lain tanpa perlu merasa terbebani.

Berikut daftarnya.

“Saya tidak bisa melakukan ini karena …”

Sebenarnya, kita boleh lho menolak sesuatu tanpa perlu menyebutkan alasannya.

Namun, tidak ada salahnya untuk memberikan alasannya. Misalnya, punggung sedang sakit, sedang benar-benar sibuk, atau sudah ada janji dengan anak sore itu.

Penjelasan akan mengurangi rasa penolakan. Selain itu, penjelasan juga dapat membuat seseorang tahu alasan jelas di balik penolakan kita.

“Saya tidak bisa melakukannya sekarang, tapi mungkin bisa lain kali.”

Halaman:
Sumber Fatherly


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.