Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2022, 13:53 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com – Selain smartwatch atau jam tangan pintar, kita juga mengenal smartband alias gelang pintar. Dua alat ini sebenarnya serupa, namun smartband memiliki layar yang lebih kecil sehingga lebih mirip gelang.

Nah, salah satu brand yang merilis smartband adalah Huawei, yang baru-baru ini memperkenalkan Huawei Band 7 di Indonesia.

Seperti smartwatch, smartband ini juga bisa dipakai mendukung gaya hidup sehat karena dilengkapi fitur-fitur pemantauan kesehatan.

Dengan layar AMOLED 1,47-inci dan rasio screen to body 64,88% serta resolusi 194x368, Huawei Band 7 praktis digunakan. Apalagi, smartband ini memiliki ultra-narrow bezel untuk bidang pandang ekstrem, dengan kaca lengkung 2,5D yang memberikan kenyamanan saat pengguna melihat tampilan layarnya.

Huawei band 7 Huawei band 7
Smartband ini juga dilengkapi lebih dari 4000 pilihan watch face, dengan body dan strap tipis yang dibalut material polimer dan lapisan fiberglass. Empat pilihan warna yang disediakan, yakni Graphite Black, Wilderness green, Flame Red, dan Nebula Pink akan mempercantik penampilannya saat dipakai.

“Di balik desainnya yang sangat ringan, Huawei Band 7 dilengkapi serangkaian fitur canggih yang dirancang sebagai pendamping dalam memandu latihan kebugaran bagi pengguna," ujar Patrick Ru, Country Head of Huawei Device Indonesia.

Selain itu, Huawei Band 7 juga memiliki teknologi pemantauan kesehatan yang tersinkronisasi dengan fitur pengembangan pola hidup sehat pengguna layaknya smartwatch.

"Yang tidak kalah penting adalah, smartband ini ditenagai oleh baterai berkualitas tinggi yang mampu bertahan hingga 14 hari untuk penggunaan normal,” papar Patrick Ru dalam keterangan pers.

Baca juga: Huawei Watch GT 2 Pro, Jam Tangan Pintar dengan Tampilan Rendah Hati

Fitur kesehatan

Huawei band 7 Huawei band 7
Adapun smartband ini dilengkapi berbagai fitur pendukung kesehatan mulai dari kualitas tidur lewat teknologi TruSleep, tingkat stres via algoritma TruRelax, detak dan kesehatan jantung via teknologi TruSeen 4.0, saturasi oksigen (SpO2), hingga siklus menstruasi bagi pengguna perempuan.

Untuk perangkat smart wearable, hal terpenting yang mempengaruhi pengalaman pemakaian adalah daya tahan baterai. Sulit untuk menikmati fungsi menyeluruh dari sebuah produk tanpa daya tahan baterai yang sangat baik.

Dalam skenario normal, Huawei Band 7 menawarkan masa pakai baterai 14 hari, sehingga memastikan pengguna dapat memakainya sepanjang hari dengan penggunaan terus menerus, memantau berbagai indikator tubuh, bahkan saat tidur.

Selain itu, smartband ini sudah mendukung kontrol musik, remote shutter, dan pengingat (pesan teks, email, aplikasi sosial), cuaca, alarm, stopwatch, timer, senter, temukan ponsel, asisten suara, serta membalas pesan WhatsApp serta aplikasi pesan lainnya dengan cepat.

Analisis dan panduan data latihan adalah salah satu fungsi inti dari smartband. Karenanya Huawei Band 7 menawarkan fitur pemantauan latihan, dengan total 96 mode latihan termasuk berlari, bersepeda, berenang, lompat tali, dan sepatu roda.

Selain itu, smartband ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pendeteksi workout otomatis.

Huawei band 7 Huawei band 7
Sedangkan algoritma TruSport dari Huawei bisa dipakai mengukur setiap indeks pelatihan lari dari perspektif ilmiah dan kuantitatif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com