Kompas.com - Diperbarui 03/07/2022, 16:10 WIB

KOMPAS.com - Jika ditanya soal makna kebahagiaan, mungkin setiap orang punya jawaban berbeda.

Misalnya saja, salah satu pembimbing di Berkley's The Science of Happiness, Emiliana Simon-Thomas yang mengatakan bahwa kebahagiaan berarti memiliki emosi positif yang konsisten.

Menurutnya, bahagia tidak berarti seseorang akan selalu merasakan kegembiraan dan keceriaan, tapi juga dapat menerima semua pengalaman negatif.

Lalu menurutnya, orang yang mengejar kebahagiaan bisa berakhir tidak sebahagia orang lain yang memaknai kebahagiaan dengan cara meningkatkan kualitas hidupnya.

Baca juga: 5 Ciri Masa Kecil Tidak Bahagia yang Berdampak hingga Dewasa

Nah bicara soal meningkatan kebahgaiaan, sebenarnya ada lima cara yang cocok untuk membuat diri lebih bahagia.

Berikut daftarnya.

Perbaiki koneksi sosial kita

Beberapa penelitian meyakini bahwa hubungan sosial adalah faktor terbesar yang memengaruhi kebahagiaan seseorang, termasuk studi yang dilakukan oleh Harvard Study of Adult Development.

Dalam studi yang memantau kehidupan ratusan partisipan selama 80 tahun itu, ditemukan bahwa hubungan dekat, baik dengan pasangan, teman, dan anggota masyarakat merupakan faktor terbesar yang memengaruhi kebahagiaan seseorang.

Orang-orang dengan hubungan sosial yang kuat juga diyakini lebih bahagia dan sehat, baik secara mental maupun fisik dibanding mereka yang kurang terkoneksi.

Lebih lanjut, studi tersebut menyebut bahwa hubungan yang berkualitas juga dapat menjadi prediktor kebahagiaan dan panjangnya usia yang lebih baik dibanding genetika, IQ, dan kelas sosial.

Baca juga: Cara Mudah Hidup Lebih Bahagia, Cuma Butuh Waktu 3 Menit

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.