Kompas.com - 06/07/2022, 08:08 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki tekanan darah tinggi memang dapat berujung pada berbagai masalah kesehatan, seperti masalah ginjal, jantung, dan stroke.

Untungnya, ada beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah, seperti tidak merokok, rutin berolahraga, dan mengubah pola makan menjadi lebih sehat, misalnya dengan banyak memakan buah dan sayuran.

Nah, jika bicara soal buah yang baik untuk dikonsumsi, tentu kita ingin memakan buah penurun tekanan darah terbaik, kan?

Dikutip dari Eat This Not That, ahli diet bersertifikat Brittany Dunn, MS, RDN, CD berpendapat bahwa salah satu buah terbaik untuk menurunkan tekanan darah adalah pisang.

Alasannya, pisang kaya akan kalium, yang dapat mengurangi efek sodium pada tubuh. Karena itu, makanan yang kaya kalium seperti pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke serta penyakit jantung.

Baca juga: Sederet Kebaikan yang Ditawarkan Buah Pisang, Sudah Tahu?

Adapun soal tingginya kandungan kalium dalam pisang ini bisa dilihat dari kandungan 422 miligram kalium di dalam sebuah pisang kecil, yang setara dengan sekitar 9 persen dari asupan yang direkomendasikan.

Nah selain kalium, buah berwarna kuning ini juga dapat menyeimbangkan cairan dan elektrolit dalam tubuh, yang dapat membantu tubuh mempertahankan volume darah dan cairan, sehingga tekanan darah tetap normal.

Lalu, pisang juga mengandung hampir 10 persen dari total kebutuhan kalium dan magnesium harian, yang penting bagi pembentukan elektrolit.

Perlu diketahui, mengonsumsi elektrolit yang cukup dapat memindahkan air dan energi di tubuh ke dalam otot-otot kita, bukan aliran darah. Dengan ini, kita pun bisa terhindar dari kram otot dan kelelahan berlebih pasca olahraga.

Baik kalium dan sodium juga dikenal sebagai elektrolit yang dapat membantu tubuh menjaga volume cairan dan darah, membuat tubuh berfungsi dengan baik. Namun, kita perlu menemukan medium yang baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.