Kompas.com - 28/07/2022, 22:00 WIB

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan mata menjadi salah satu hal penting yang tak boleh terlewatkan bagi pebulu tangkis Nasional, Jonatan Christie.

Tak hanya tubuh yang bugar, dia menganggap bahwa kesehatan mata itu merupakan salah satu asetnya dalam berkarier.

"Sejalan dengan moto hidup saya bahwa hidup sehat itu penting dari segi apapun. Kesehatan fisik dan mata terutama untuk pekerjaan. Tak cuma atlet, saya rasa dua faktor itu penting juga untuk pekerjaan apa saja."

"Karena kalau mata terasa tidak enak atau ada gangguan itu, rasanya pekerjaan jadi berantakan," kata Jonatan Christie di Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Seperti Jonatan Christie, Banyak Orang Suka Taruh Tetes Mata di Kulkas

Demi menjaga kesehatan matanya, pria yang akrab disapa Jojo itu mengakui hal utama yang perlu diperhatikan itu adalah olahraga.

"Tipsnya dari saya pertama banget itu harus rutin olahraga. Itu pasti," jelas Jojo.

Menurut dia, olahraga itu tak cuma bermanfaat untuk menambah kebugaran dan stamina, tapi ada satu manfaat lain yaitu melancarkan peredaran darah ke semua organ tubuh.

Secara langsung sirkulasi darah yang lancar itu pun berpengaruh pada peredaran darah di sekitar mata, yang manfaatnya dapat memaksimalkan indra penglihatan dan menjaga kesehatan fungsi organ mata.

Baca juga: 7 Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Mata, Bukan Hanya Vitamin A

Selain itu, peraih medali emas cabang olaharaga bulu tangkis tunggal putra di Asian Games 2018 ini juga kerap mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk kesehatan mata.

"Makan sayur-sayuran bergizi. Apalagi yang buat kesehatan mata seperti tomat atau wortel itu bagus banget," cetus dia.

Kebetulan, Jojo bukanlah orang yang sulit dalam mengonsumsi sayur. Tetapi dia punya cara lebih nikmat untuk bisa mengonsumsi sayur agar rasanya tetap enak, yaitu diolah menjadi jus sayuran.

"Paling rutin minum jus wortel atau tomat. Saya juga jarang banget minum minuman manis kayak boba gitu," sambung dia.

Demi memiliki mata yang sehat, dia juga tidak lupa menjaga kualitas tidurnya. Sebab, dia tahu betul bahwa kurang tidur juga tidak baik untuk kesehatan mata.

Baca juga: 7 Hal untuk Jaga Kesehatan Mata bagi Para Pemakai Softlens

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.