Kompas.com - 29/06/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagian orang memilih untuk mengganti kacamata mereka dengan lensa kontak atau softlens demi alasan kepraktisan atau pun gaya. 

Nah, meskipun softlens merupakan alternatif yang baik untuk menggantikan kacamata, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh penggunanya agar mata (dan penglihatan) tetap sehat.

Seorang ahli optometri di The Eye Center di Pembroke Pines, Florida, Dr Gabriela Olivares memberikan penjelasan seputar perawatan softlens.

Selain itu, dia pun membagikan beberapa hal yang perlu dilakukan agar kesehatan mata tetap terjaga.

Baca juga: Inovasi Teknologi yang Bikin Softlens Makin Nyaman Dipakai

Setidaknya ada tujuh hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mata bagi para pengguna softlens.

1. Sering-seringlah mencuci tangan

Selain untuk menghindari infeksi Covid-19 yang sedang menjangkiti dunia, mencuci tangan juga merupakan rutinitas yang sangat penting, terutama sesaat sebelum memegang softlens.

"Ini akan membantu menjaga softlens bebas dari partikel yang tidak diinginkan seperti minyak kulit, debu, dan bakteri berbahaya," kata Dr Olivares.

"Disarankan agar kita mencuci tangan dengan hati-hati dan menyeluruh dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik."

"Setelah itu keringkan tangan dengan handuk kertas yang tidak digunakan setiap kali kita memasukkan dan melepas softlens," jelas dia.

2. Gunakan larutan segar setiap hari

Menurut Dr Olivares, kita tidak boleh menggunakan kembali larutan softlens yang sudah digunakan. Jadi, gunakanlah larutan segar setiap malam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.