Kompas.com - 04/08/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Seiring perkembangan zaman dan teknologi, tanpa disadari berbagai unsur budaya dan adat istiadat di Indonesia perlahan terkikis oleh budaya asing.

Oleh karenanya, anak muda memegang peran penting dalam melestarikan budaya bangsa.

Cara termudah untuk melestarikan budaya bangsa, yakni menghadirkan budaya itu ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

Pesan itulah yang coba diusung Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation, melalui acara yang bertajuk "Jaga Warisan Nusantara" atau Jagantara.

Disampaikan founder sekaligus Ketua Umum WBI Foundation Yanti Airlangga, acara ini bertujuan mendorong kaum muda untuk ikut bersama-sama mewariskan budaya bangsa, termasuk wastra Nusantara, seni, hingga budaya lainnya.

Acara Jagantara di Astha District 8, Jakarta Acara Jagantara di Astha District 8, Jakarta

"Kami mengajak generasi muda untuk sama-sama ikut melestarikan budaya Indonesia," jelas Yanti dalam konferensi pers Jagantara di Ashta District 8, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

"Sebisa mungkin, ke mana pun kita pergi, budaya bangsa tetap harus melekat dalam diri kita," sambung dia.

Acara Jagantara di Astha District 8, Jakarta Acara Jagantara di Astha District 8, Jakarta

Pada kesempatan yang sama, Liliana Tanoesoedibjo yang juga salah satu founder WBI Foundation menyebut, warisan budaya Indonesia perlu dijaga bersama oleh setiap generasi, baik generasi senior maupun generasi muda.

"Di Jagantara ini, kami mengapresiasi anak muda yang mau bergandengan tangan ikut peduli atas warisan budaya Indonesia," katanya.

"Para generasi tua maupun muda harus ikut terlibat dalam melestarikan budaya tersebut, jangan sampai anak cucu nantinya tidak tahu budaya Indonesia."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.