Kompas.com - 19/08/2022, 14:16 WIB

KOMPAS.com – Memiliki lebih dari satu anak bisa jadi keinginan bagi sebagian keluarga. Hal tersebut sah-sah saja mengingat salah satu sumber kebahagian terbesar dalam keluarga adalah saat dianugerahi momongan.

Meski begitu, terdapat sejumlah hal yang harus sahabat Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) pertimbangkan sebelum memutuskan hal tersebut, seperti kesiapan dalam merawat bayi, keadilan dalam membagi perhatian, dan kondisi finansial.

Jangan sampai, keinginan besar untuk punya banyak momongan jadi membuat sahabat Genbest mengabaikan itu semua. Sebab, hal tersebut dapat berpengaruh pada kualitas Genbest dalam merawat dan membesarkan buah hati.

Tak hanya itu, bagi yang ingin memiliki lebih dari satu anak, sahabat Genbest juga wajib memperhatikan faktor penting lainnya, yakni jarak kelahiran.

Berdasarkan info dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), jarak kelahiran ideal yang disarankan adalah dua tahun.

Dengan jarak tersebut, setidaknya Genbest bisa memenuhi kebutuhan air susu ibu (ASI) sang kakak agar tumbuh kembangnya di masa 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) jadi lebih optimal dan jauh dari risiko stunting.

Baca Juga: Pentingnya 1.000 Hari Pertama Kehidupan Bagi Tumbuh Kembang Anak

Sementara itu, menurut berbagai penelitian, jarak kelahiran anak yang berdekatan dapat memberikan dampak negatif, baik bagi ibu maupun anak.

Agar Genbest lebih memahami risiko tersebut, berikut Kompas.com berikan ulasannya.

1. Kelahiran prematur

Dari penelitian yang dimuat dalam British Medical Journal, jarak kelahiran yang terlalu dekat dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan kematian pada bayi. Penelitian ini melibatkan 89.000 ibu hamil yang melahirkan anak kedua.

Penelitian tersebut juga menyebutkan, ibu yang memiliki jarak kehamilan kurang dari enam bulan tercatat mengalami komplikasi kehamilan lebih banyak. Bahkan, komplikasi tetap berpengaruh pada ibu yang kehamilan pertamanya sehat dan lancar.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.