Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2022, 14:16 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memiliki lebih dari satu anak bisa jadi keinginan bagi sebagian keluarga. Hal tersebut sah-sah saja mengingat salah satu sumber kebahagian terbesar dalam keluarga adalah saat dianugerahi momongan.

Meski begitu, terdapat sejumlah hal yang harus sahabat Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) pertimbangkan sebelum memutuskan hal tersebut, seperti kesiapan dalam merawat bayi, keadilan dalam membagi perhatian, dan kondisi finansial.

Jangan sampai, keinginan besar untuk punya banyak momongan jadi membuat sahabat Genbest mengabaikan itu semua. Sebab, hal tersebut dapat berpengaruh pada kualitas Genbest dalam merawat dan membesarkan buah hati.

Tak hanya itu, bagi yang ingin memiliki lebih dari satu anak, sahabat Genbest juga wajib memperhatikan faktor penting lainnya, yakni jarak kelahiran.

Berdasarkan info dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), jarak kelahiran ideal yang disarankan adalah dua tahun.

Dengan jarak tersebut, setidaknya Genbest bisa memenuhi kebutuhan air susu ibu (ASI) sang kakak agar tumbuh kembangnya di masa 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) jadi lebih optimal dan jauh dari risiko stunting.

Baca Juga: Pentingnya 1.000 Hari Pertama Kehidupan Bagi Tumbuh Kembang Anak

Sementara itu, menurut berbagai penelitian, jarak kelahiran anak yang berdekatan dapat memberikan dampak negatif, baik bagi ibu maupun anak.

Agar Genbest lebih memahami risiko tersebut, berikut Kompas.com berikan ulasannya.

1. Kelahiran prematur

Dari penelitian yang dimuat dalam British Medical Journal, jarak kelahiran yang terlalu dekat dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan kematian pada bayi. Penelitian ini melibatkan 89.000 ibu hamil yang melahirkan anak kedua.

Penelitian tersebut juga menyebutkan, ibu yang memiliki jarak kehamilan kurang dari enam bulan tercatat mengalami komplikasi kehamilan lebih banyak. Bahkan, komplikasi tetap berpengaruh pada ibu yang kehamilan pertamanya sehat dan lancar.

Adapun jarak kehamilan yang terlalu dekat menyebabkan mereka mengalami kelahiran prematur di kehamilan kedua. Kelahiran prematur sendiri merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko stunting pada anak.

2. Anemia

Menurut para ahli kesehatan, jarak kelahiran kurang dari satu tahun tidak memberikan waktu yang cukup bagi ibu untuk bisa pulih dari tekanan fisik yang didapat pada kehamilan sebelumnya.

Sebab, masa kehamilan dan menyusui sangat menguras simpanan zat besi dan asam folat yang ada dalam tubuh ibu sehingga meningkatkan risiko anemia.

Berdasarkan penjelasan dari Mayo Clinic, anemia defisiensi besi yang parah selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur serta sering dikaitkan dengan kelahiran bayi yang punya berat badan rendah dan depresi pascapersalinan.

Baca Juga: Anemia Saat Hamil Bisa Sebabkan Bayi Lahir Prematur

3. Terganggunya hesehatan mental

Jarak kelahiran antaranak yang terlalu dekat juga bisa membuat ibu mengalami depresi pascapersalinan.

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com