Kompas.com - 24/08/2022, 14:56 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Masker wajah (face mask) merupakan salah satu bagian dari rutinitas skincare yang tidak boleh dilewatkan untuk membersihkan kulit wajah kita secara menyeluruh.

Berbagai merek masker bahkan telah mengeluarkan formulanya untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat, kulit berminyak, kulit kering, dan sebagainya.

Namun, yang kerap menjadi pertanyaan adalah, apakah menggunakan masker wajah terlalu sering itu baik untuk kesehatan kulit wajah kita?

Nah, dilansir dari laman Pop Sugar, dokter spesialis kulit yang berbasis di Chicago, Jessie Cheung, MD, pun membantu menjelaskan penggunaan masker wajah yang tepat sebagai berikut.

Baca juga: Bisa Dicoba, Bikin Masker Wajah Sendiri untuk Mencerahkan Kulit

Tidak boleh terlalu sering memakai masker wajah

Menurut Cheung, terlalu sering menggunakan masker wajah ternyata memiliki dampak tertentu, salah satunya adalah membuat kulit kita kering.

Terlebih, jika kita melepas masker dan tidak mengaplikasikan apa pun setelahnya.

"Karena serum masker harus melewati kulit, serum biasanya tidak memiliki emolien oklusif atau lebih tebal, hanya humektan," terangnya.

"Yang berarti, bahwa pada awalnya, serum masker menarik kelembaban ke bagian atas kulit, tetapi hidrasi dapat berasal dari udara sekitar, atau dengan mengorbankan kulit yang lebih dalam," jelas dia.

Karena kulit bertindak sebagai penghalang untuk melindungi tubuh dari kehilangan air, terlalu banyak hidrasi yang ditambahkan ke kulit juga dapat memiliki efek buruk dan menyebabkan kulit benar-benar kehilangan air.

"Kita mungkin juga mengiritasi kulit dengan terlalu banyak masker. Kita mengganggu fungsi penghalang kulit dengan membasahi kulit berulang-ulang kali," kata Cheung.

Halaman:
Sumber Popsugar


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.