Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seberapa Sering Baiknya Menggunakan Masker Wajah Dalam Seminggu?

KOMPAS.com - Masker wajah (face mask) merupakan salah satu bagian dari rutinitas skincare yang tidak boleh dilewatkan untuk membersihkan kulit wajah kita secara menyeluruh.

Berbagai merek masker bahkan telah mengeluarkan formulanya untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat, kulit berminyak, kulit kering, dan sebagainya.

Namun, yang kerap menjadi pertanyaan adalah, apakah menggunakan masker wajah terlalu sering itu baik untuk kesehatan kulit wajah kita?

Nah, dilansir dari laman Pop Sugar, dokter spesialis kulit yang berbasis di Chicago, Jessie Cheung, MD, pun membantu menjelaskan penggunaan masker wajah yang tepat sebagai berikut.

Tidak boleh terlalu sering memakai masker wajah

Menurut Cheung, terlalu sering menggunakan masker wajah ternyata memiliki dampak tertentu, salah satunya adalah membuat kulit kita kering.

Terlebih, jika kita melepas masker dan tidak mengaplikasikan apa pun setelahnya.

"Karena serum masker harus melewati kulit, serum biasanya tidak memiliki emolien oklusif atau lebih tebal, hanya humektan," terangnya.

"Yang berarti, bahwa pada awalnya, serum masker menarik kelembaban ke bagian atas kulit, tetapi hidrasi dapat berasal dari udara sekitar, atau dengan mengorbankan kulit yang lebih dalam," jelas dia.

Karena kulit bertindak sebagai penghalang untuk melindungi tubuh dari kehilangan air, terlalu banyak hidrasi yang ditambahkan ke kulit juga dapat memiliki efek buruk dan menyebabkan kulit benar-benar kehilangan air.

"Kita mungkin juga mengiritasi kulit dengan terlalu banyak masker. Kita mengganggu fungsi penghalang kulit dengan membasahi kulit berulang-ulang kali," kata Cheung.

"Kulit basah memungkinkan bahan kimia lebih mudah masuk daripada kulit kering, jadi hal-hal yang biasanya tidak mengiritasi dapat menyebabkan reaksi sekarang, seperti wewangian atau pengawet," ungkapnya.

Bahkan, jika kita tidak pernah memiliki masalah dengan bahan-bahan tertentu sebelumnya, karena fakta bahwa penghalang kulit telah dilemahkan oleh air, kulit pun lebih mudah untuk menjadi peka.

Menghindari kulit kering karena masker wajah

Cheung menyarankan bahwa yang terbaik adalah mengoleskan pelembab secara langsung setelah menggunakan masker.

Sebab, terlalu banyak menggunakan masker juga dapat mengeringkan kulit.

Maka dari itu, menjaga kulit wajah tetap terhidrasi sangat penting, jadi melembabkannya dengan produk yang mengandung bahan-bahan yang menghidrasi seperti gliserin, asam amino dan asam lemak, serta asam hialuronat dapat bermanfaat.

"Sleeping mask mungkin merupakan pilihan yang lebih baik jika kulit wajah kita cenderung kering, karena masker ini harus diformulasikan untuk menyegel kelembaban," terang Cheung.

Di samping itu, sleeping mask juga dapat mengatasi masalah dari kemerahan hingga keriput, tergantung pada apa yang kita cari.

Ada pun bahan-bahan yang harus diperhatikan dalam masker adalah hidrator sederhana seperti asam hialuronat.

Tetapi, jika kita menggunakan masker asam hialuronat, penting untuk mengoleskan krim emolien setelahnya.

Produk yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, dan retinoid biasanya dapat membuat kulit terlalu stres jika digunakan bersamaan dengan perawatan masker yang terlalu sering, jadi disarankan untuk menggunakannya lebih jarang.

Seperti halnya produk baru lainnya, tunggulah beberapa hari setelah kita pertama kali mencobanya untuk memastikan kulit dapat mengatasinya.

Seberapa sering menggunakan masker dalam seminggu

Menggunakan masker dua kali seminggu dan melembabkan setelahnya adalah cara terbaik untuk memberi manfaat bagi kulit wajah, sekaligus memberikan waktu istirahat yang dibutuhkannya.

Apabila kita ingin maskeran lebih sering, pastikan untuk memeriksa bahan-bahannya dan cobalah untuk merotasi bahan aktif yang berbeda.

Ini bisa berarti melakukan masker pelembab suatu hari dan masker pembersih pori-pori di akhir minggu.

Jadi, di masa perawatan diri yang serius ini, berikan kulit wajah kita apa yang dibutuhkannya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/08/24/145653220/seberapa-sering-baiknya-menggunakan-masker-wajah-dalam-seminggu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke