Kompas.com - 06/09/2022, 20:21 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Lima siswi dari Italian Fashion School (IFS) unjuk gigi di JF3 Fashion Festival 2022.

Bertempat di Tent La Piazza, Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta. Kelima anak muda berbakat tersebut menampilkan busana Nusantara yang terinspirasi dari budaya betawi dan kehidupan urban warga Jakarta dalam konsep "Urbanize Batavia".

Tema tersebut sengaja diangkat karena memiliki nilai-nilai yang sama dengan tema besar JF3 Fashion Festival tahun ini yang fokus dengan keragaman budaya lokal dalam tema Cultural Diversity.

Baca juga: JF3 Fashion Festival 2022, Dukung Industri Mode dan Budaya Lokal

“Kami memilih tema dan mengangkat busana khas dari Betawi karena masih banyak bisa dieksplorasi dari kebudayaan Betawi. Salah satunya soal pakaian."

"Murid-murid kami memproduksi karya mereka dari khasanah kebudayaan Betawi itu,” kata founder IFS Diora Agnes dan Paska Ryanti di Jakarta, Jumat (3/9/2022).

Diora mengatakan, tema IFS yang mengusung "Urbanize Batavia" menggambarkan keragaman kebudayaan yang ada di Jakarta, di tengah perkembangan zaman serta pertemuan antara konteks keurbanan dengan tradisi.

Dengan kata lain, ini menjadi sebuah konsep desain yang tidak hanya hanya terinspirasi dari keindahan budaya Betawi, tapi juga dari semangat masyarakat kota Jakarta yang optimistis, kreatif dan inovatif.

“Tujuan dari fashion show ini selain bagian dari tugas akhir murid, juga menampilkan kreasi inovatif dari siswa-siswi IFS yang akan menjadi cikal bakal designer atau pelaku industri kreatif di dunia fashion,” ujar CEO PT Modesta Desain Indonesia yang membawahi IFS itu.

Rancangan busana bernuansa budaya Betawi

Dalam perhelatan fashion show JF3 kali ini, ada 5 murid IFS yang akan berpartisipasi.

Mereka adalah Amelia NS, Dina Mulya Sophieyadi, Maharani Dewi Armala, Mitha Tri Novianti, dan Theresia Dewi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.