Kompas.com - 22/09/2022, 12:35 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Beberapa orang menganggap bahwa menggunakan minyak sebagai perawatan rambut dapat membuat penumpukan minyak di rambut dan menyebabkan kulit kepala menjadi iritasi.

Namun, di sisi lain, perawatan rambut dengan menggunakan minyak, terutama minyak zaitun, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan rambut dan kulit kepala.

Bahkan saat ini ada ribuan video YouTube dari para vlogger yang berbagi bagaimana mereka menggunakan minyak zaitun dalam rutinitas perawatan rambut.

Melihat hal itu, para ahli rambut pun memberi tahu lebih lanjut tentang minyak zaitun dan apakah kita harus menambahkannya ke dalam rutinitas perawatan rambut.

Baca juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Cara kerja minyak zaitun untuk rambut alami

Sebagai permulaan, seorang trichologist dan pendiri Alodia Hair Care, Dr Isfahan Chambers-Harris mengatakan bahwa sebagian besar minyak serbaguna yang umum digunakan (seperti alpukat, kelapa, dan minyak jojoba) tidak benar-benar bisa melembabkan rambut.

Tapi, kabar baiknya, Chambers-Harris mengungkapkan kalau minyak zaitun adalah salah satu emolien terbaik yang tidak hanya mengandung vitamin, antioksidan, dan lemak sehat, tetapi juga dapat meredakan kulit kepala yang kering dan gatal.

"Minyak zaitun bisa membantu melawan infeksi bakteri sekaligus memperkuat rambut," terangnya.

"Ini menjadikan minyak zaitun sebagai bahan yang ideal untuk masker rambut, kondisioner, atau sebagai perawatan untuk meningkatkan hidrasi dan melembutkan rambut," sambung dia.

Sependapat dengan Chambers-Harris, pendiri Too Groovy Salon yang berbasis di Atlanta, Robin Groover juga mengatakan bahwa minyak zaitun bagus untuk merawat rambut kering dan bertekstur rapat karena menghaluskan kutikula, [dan] sifatnya membantu menjaga kelembaban.

Kendati demikian, dia memperingatkan bahwa minyak zaitun bisa jadi terlalu berat untuk rambut yang kurang lebat dan bertekstur lebih halus. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakannya secara berlebihan.

Baca juga: Mengenal 5 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Halaman:
Sumber Byrdie


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.