Kompas.com - 22/09/2022, 18:24 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Beberapa dari kita mungkin lahir dengan bawaan alergi terhadap hal-hal tertentu seperti kacang-kacangan, telur, susu sapi, hingga makanan laut.

Penyebab munculnya alergi itu seringkali tidak bisa ditentukkan secara pasti. Bisa jadi karena faktor genetik, umur, imun tubuh, dan multifaktor lainnya.

Memiliki alergi tentunya tidak nyaman. Saat kambuh, badan akan bereaksi dan menimbulkan kemerahan pada kulit, ruam, gatal-gatal, bahkan bisa sampai sesak nafas. Alergi terhadap zat protein tentu akan lebih menyulitkan lagi karena apa yang diterima oleh tubuh menjadi sangat terbatas.

Namun, tidak perlu khawatir, sebenarnya kebanyakan alergi mampu hilang seiring berjalannya waktu dan pengobatan.

Prof. Dr. Ir. Hardinsyah MS, Ahli Gizi dan Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, menjelaskan hal-hal seputar alergen beserta dengan tindakan yang harus dilakukan sebagai penderita alergi.

Dr. Hardinsyah memulai percakapan lewat pembahasan mengenai alergen.

Menurutnya, alergen adalah bahan atau senyawa yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh seseorang, apabila individu memiliki hipersensitivitas terhadap bahan atau senyawa tersebut.

Jadi memang segelintir orang mempunyai kondisi di mana, sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan, sehingga muncullah alergi ketika bereaksi dengan senyawa tertentu. Alergen sendiri bisa ditemukan dari pangan ataupun non-pangan.

“Hanya orang-orang tertentu yang respon imunitasnya tidak baik, sehingga menimbulkan bisa bintik merah, bisa gatal, bisa bengkak," ujar Prof Hardinsyah dalam acara “Ngobrol Baik Bareng ABC”, Rabu (21/9/22).

"Bahkan tidak hanya karena makanan, ada udara-udara dingin aja langsung bengkak pada bagian tertentu. Kalau perempuan seringkali di bagian dada. Namun tidak perlu khawatir karena ilmu semakin berkembang, kalau ada alergi konsultasi saja,” ujarnya.

Baca juga: Mengenal Alergi Dingin dan Cara Mencegahnya Kambuh

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.