Kompas.com - 24/09/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Popcorn alias snack jagung yang mengembang saat dipanaskan mungkin dikenal sebagai salah satu camilan terfavorit dan kerap dijadikan “teman” saat menonton film di bioskop.

Namun, tahukah kamu kalau sebenarnya popcorn merupakan salah satu camilan paling sehat?

Ya, popcorn sebenarnya kaya akan nutrisi dan memiliki kalori yang cukup rendah. Nah pertanyaannya, berapa kalori dalam popcorn?

Baca juga: Popcorn, Makanan Sehat atau Tidak?

Dikutip dari laman Healthline, makanan yang ditemukan di New Mexico lebih dari 5.000 tahun lalu ini memiliki total 387 kalori per 100 gram popcorn, atau 31 kalori per cangkirnya.

Artinya, popcorn memiliki kalori yang lebih rendah dibanding beberapa camilan populer lainnya, seperti keripik kentang.

Hal itu dibuktikan lewat sebuah penelitian yang membandingkan antara rasa kenyang setelah memakan popcorn dan keripik kentang.

Hasilnya, ditemukan bahwa 15 kalori dalam popcorn sama mengenyangkannya dengan keripik kentang yang mengandung 150 kalori.

Artinya, popcorn bisa dijadikan sebagai salah satu camilan untuk diet.

Nutrisi dalam popcorn

Selain rendah kalori, popcorn sebenarnya merupakan makanan yang termasuk ke dalam whole grain, sehingga kaya akan berbagai nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan.

Bahkan, banyak penelitian yang mengatakan bahwa whole grain dapat mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Popcorn Termasuk Makanan untuk Diet Keto, Benarkah?

Halaman:
Sumber Healthline


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.